Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kejuaraan Invitasi Sepaktakraw Internasional Piala Kemerdekaan

Senin, 30 Mei 2016

Share this history on :
PENGURUS Besar Persatuan Sepaktakraw Seluruh Indonesia (PB.PSTI) akan menggelar Kejuaraan Invitasi Sepaktakraw Internasional Piala Kemerdekaan 2016 yang dijadwalkan berlangsung 7-16 Agustus, Padang, Sumbar. Kejuaraan yang dirangkaikan dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-71 itu bakal dimeriahkan sembilan negara termasuk tuan rumah Indonesia.

Kedelapan lan negara lain yang diundang dalam kejuaraan ini adalah Malaysia, Myanmar, Korsel, Singapura, Brunei Darussalam, Jepang, Cina dan Filipina. Sebagai tuan rumah, Indonesia selain menurunkan tim nasional juga tim Provinsi yang dipersiapkan menghadapi PON ke-19, September mendatang di Jabar.

Total jumlah peserta yang akan ikut kejuaraan ini adalah 427 dengan perincian 187 peserta asing dan 240 dari tim Provinsi. Nomor-nomor yang dipertandingkan adalah, team (trio), team (double), quadrant regu dan regu. Sementara dibagian putri mempertandingkan tiga nomor yakni team (trio), double regu dan quadrant regu.

Menurut Ketua Umum PB.PSTI Anjas Rivai dalam jumpa wartawan di Lantai 19 Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Gedung FX Senayan Jakarta, Minggu, (29/5) menjelaskan bahwa kejuaraan ini diharapkan menjadi agenda resmi tahunan.”Saya berharap agar even ini menjadi agenda resmi tahunan yang sifatnya internasional. Dan tempat penyelenggaraannya pun bisa berpindah-pindah ke semua Provinsi,”kata Anjas yang juga Bendahara KOI itu.

Anjas menambahkan bahwa kejuaraan ini bakal dijadikan oleh tim-tim Provinsi sebagai ajang pemanasan menjelang PON ke-19, September nanti di Jabar. ”Semua tim Provinsi yang lolos ke PON menjadikan even ini sebagai ajang pemanasan jelang pesta olahraga terbesar di Indonesia itu. Dan saya pastikan even ini bakal ramai,”katanya.

Kejuaraan ini, lanjut Anjas, tak lepas dari peran dan dukungan Presiden Sepaktakraw Malaysia, H.Datuk Ahmad Ismail. Gagasan awal lahirnya kejuaraan ini dicetuskan oleh Datuk Ahmad Ismail saat tim Malaysia melakukan try out ke Padang, Sumbar beberapa waktu lalu. Pada try out itu juga hadir sejumlah tim Provinsi diantaranya Gorontalo, Sulsel dan Riau.

Sementara itu Datuk Ahmad Ismail mengatakan, Indonesia sebagai salah satu negara yang perkembangan sepaktakrawnya sangat potensial alangkah baiknya memiliki sebuah even kelas internasional. Dan kejuaraan invitasi sepaktakraw internasional Piala Kemerdekaan ini adalah menjadi jawabannya.

”Saya melihat, Indonesia harus punya even sepaktakraw level internasional tahunan. Ini selain memacu perkembangan sepaktakraw di Indonesia juga memacu prestasi tim Indonesia itu sendiri,”tutur Deputi Presiden ISTAF ini.

Menjawab pertanyaan kenapa Thailand tidak diundang dalam even ini, Datuk Ahmad Ismail mengatakan Negeri Gajah Putih itu sangat sibuk dengan even-even yang digelar di negaranya. Sebagai gambaran, untuk tahun ini saja Thailand memiliki tiga even super series dan Kings Cup.

Dalam jumpa wartawan yang juga dihadiri sejumlah pengurus PSTI itu, baik Anjas maupun Datuk Ahmad Ismail mengatakan untuk sementara pihaknya belum menjanjikan hadiah uang kepada tim-tim juara.”Untuk sementara kami hanya menyediakan medali dulu, Insya Allah jelang even, ada sponsor yang menyiapkan hadiah uangnya,”tandas Anjas yang diamini Datuk Ahmad Ismail.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Syafrizal Bakhtiar mengatakan, ditunjukknya Sumbar sebagai tuan rumah adalah satu kehormatan dan kebanggan bagi masyarakat Minang. ”Bagi kami ini sebuah kehormatan dan masyarakat Sumbar khususnya kota Padang sangat antusias menyambut even ini,”papar Syafrizal.

Syafrizal yang juga Ketua Umum Pengurus Provinsi PSTI Sumbar itu juga mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan untuk menyukseskan even ini. Dia pun menilai even ini bakal ramai karena selain diikuti tim peserta asing juga dari berbagai Provinsi. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...