Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Menpora Berharap LSP menjadi Cikal-Bakal Pesepakbola Masa Depan

Rabu, 18 Mei 2016

Share this history on :
MENPORA Imam Nahrawi secara simbolis bersama Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Staf Khusus Bidang Olahraga M. Khusen Yusuf, dan Asisten Deputi Pengelolaan Sentra Olahraga dan SKO Teguh Raharjo, Selasa (17/5/2016) siang melakukan tendangan bola kick off di Lapangan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Tendangan kick off itu, menandakan dimulainya Liga Sepakbola Pelajar U-14 Piala Menpora. Menpora yang hadir bersama rombongan disambut dengan pengalungan bunga, tari-tarian khas Kepulauan Seribu dan sambutan meriah oleh ratusan pelajar dari SMA dan SMP di Kepulauan Seribu.

Imam menyampaikan kesempatan ini adalah momentum yang luar biasa, dalam rangka menggelorakan semangat sepakbola di Kepulauan Seribu ke tingkat nasional. “Dengan semangat dan sportivitas dari pulau ini untuk kembali membangkitkan sepakbola nasional dan diharapkan kompetisi yang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota diseluruh Indonesia dapat berjalan dengan baik, dan banyak dilahirkan pemain-pemain nasional di masa depan,” jelas Menpora.

“Perlu saya sampaikan bahwa pemerintah saat ini secara serius memperhatikan pembinaan olahraga sejak usia dini, kita ingin memastikan ke depan sepakbola tanah air tidak hanya cakap bertanding diantara sesama kita, tetapi dengan pembibitan dan pembinaan usia dini, kita mengharapkan ke depan dapat melahirkan pemain yang dapat berprestasi di tingkat internasional,” tambahnya.

“Dipilihnya Kepulauan Seribu sebagai tempat berlangsungnya kick off adalah, dengan semangat Presiden Jokowi bagaimana kekayaan Indonesia yang dihubungankan oleh kepulauan yang menjadi kekuatan maritim dunia, hal ini harus diwujudkan secara nyata oleh pembantunya (Menteri). Dalam hal ini Kemenpora mempunyai kepentingan dalam menyambungkan semangat itu lewat olahraga, khususnya sepakbola, ” lanjutnya.

Menpora meyakini dan berkomitmen bahwa, kompetisi atau liga harus dimulai sedini mungkin, sehingga pemain, operator, klub dan perangkat pertandingan akan terbiasa menghadapi model kompetisi yang baik sejak usia dini. “Sejak usia dini, harus dilakukan pembelajaran dan pembinaan penyelenggaraan pertandingan, sehingga para pemain, operator dan klub dapat bertanding secara fairplay dan sportif,” ujar Imam.
Menpora juga melakukan dialog dengan masyarakat dan pelajar di Pulau Pramuka. Menpora melontarkan beberapa pertanyaan tentang sejarah olahraga dan olahragawan di Indonesia. Setelah memberikan sambutan, Menpora melakukan menyerahkan Piala Bergilir Menpora LSP U14 kepada Ketua Penyelenggara.

Sementara itu Bupati Kepulaun Seribu Budi Utomo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenpora yang menjadikan Kepulauan Seribu sebagai tempat berlangsungnya kick off LSP U14. “Kegiatan ini memberikan semangat dan motivasi kepada kami dan masayarakat di Kep. Seribu dalam membangun meningkatkan sumberdaya manusia Kep. Seribu. Ini merupakan sebuah kesempatan, peluang dan tantangan terutama kepada generasi muda untuk giat belajar dan berlatih mencapai sukses dimasa depan didalam berbagai bidang,” ujar Budi.

Kesempatan sama, Ketua Panitia Nasional LSP U14 Subagya menyampaikan, dipilihnya Kepulauan Seribu sebagai tempat berlangsungnya kick off LSP U14 dikarenakan, berdasarkan informasi dan fakta dilapangan Kep. Seribu belum tersentuh secara langsung terhadap pembinaan sepak bola, padahal banyak bibit-bibit unggul pemain sepakbola berasal dari Kep. Seribu.

“LSP yang tahun ketiga ini di 2016 melibatkan 34 korwil dan 514 korda diseluruh Indonesia, melibatkan 120.000 pemain sepakbola U14, dan selama pertandingan di Liga U14, panitia menurunkan tim pencari bakat dengan latar belakang mantan pemain nasional dan pengamat sepakbola,” ujar Subagya. Jordan

Berikut 12 Klub Kepulauan Seribu di LSP U-14:
1. Pramuka FC
2. Panggang FC
3. Kelapa FC
4. Harapan FC
5. Tidung FC
6. Todung Jawa FV
7. Pari FC
8. Kelapa Dua FC
9. Sebira FC
10. Lancang FC
11. Payung FC
12. Kelapa FC.

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...