Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

LSP U-16 Cikal Bakal Tim Pelajar U-17

Jumat, 10 Juni 2016

Share this history on :
UNTUK menghadapi perhelatan kejuaraan sepakbola Asia tingkat pelajar (U-17). Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) tengah mempersiapkan skuat timnas U-16 lewat kompetisi Liga Sepakbola Pelajar (LSP) U-16 Piala Menpora 2016.

Menurut Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta Kemenpora akan menyelenggarakan Liga Sepakboal Pelajar U-16 yang akan diikuti 34 provinsi di Indonesia. Para peserta berasal kabupaten di tiap provinsi. Misi diselenggarakannya kompetisi ini adalah mengedukasi para pelajar di seluruh Indonesia.

"Program ini salah satu adalah memperkuat pondasi pembinaan pemain usia muda. Lewat Liga U-16 Pemerintah ingin kompetisi bernilai edukasi tinggi. Jangan hanya kejar kemenangan dengan menghalalkan segala cara. Kami terus memperhatikan pembinaan usia muda di bidang sepakbola sebagai komitmen pemerintah menyiapkan timnas yang berkualitas dimasa mendatang," katanya saat bimbingan teknis Liga Pelajar Piala Menpora di Jakarta, Kamis (9/6) malam.

Sesuai dengan tema yaitu Revolusi Mental Sepakbola Nasional Melalui Pembinaan Usia Muda, Isnanta menginginkan Liga Pelajar U-16 Piala Menpora ini tidak sekadar kompetisi. "Kami payungi dan barengi kegiatan kompetisi ini dengan revolusi mental," tandasnya.

Kick off akan dimulai pada 20 Juli mendatang, dan dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Menpora Imam Nahrawi. Diperkirakan diikuti lebih dari 40 ribu peserta di seluruh Indonesia dengan memperebutkan Piala Menpora. Tahapan kompetisi adalah seri region, seri provinsi, hingga seri nasional. Seri region hingga seri nasional diselenggarakan sampai 20 Agustus 2016.

Sementara itu Asdep Olahraga Pendidikan Arifin Majid menyatakan Liga Pelajar ini berdasarkan usia, peserta boleh dari ssb, akademi atau pelajar langsung sendiri, tidak ada ketetapan pasti. “Disini kami tanamkan nilai-nilai sportivitas dan fair play, jangan ada pencurian umur," terang Arifin.

Selain untuk persiapan timnas jangka panjang, nantinya hasil dari kompetisi U-16 yang akan berakhir pada 9 September nanti. Bahwa akan dijaring pemain-pemain berkualitas untuk dipilih dan dibentuk menghadapi perhelatan kejuaraan di India pada 2017 mendatang.

"Dari hasil liga ini, kita akan bentuk tim untuk mengikuti perhelatan Piala Subroto di India 2017 nanti. Dan akan ada tim pemandu bakat yang akan disertakan. Saya ingin agar kompetisi ini berlangsung semarak dan mendekati pengelolaan yang profesional," tutupnya. Jordan


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...