Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Sambo Bersiap Diri Jadi Anggota KONI

Sabtu, 15 Oktober 2016

Share this history on :
DALAM perkembangannya cabang olahraga sambo di Indonesia, sempat mengalami pasang-surut. Namun Sambo kini benar-benar serius dan berupaya keras masuk jadi anggota KONI Pusat. Melalu bendera Persatuan Sambo Indonesia (Persambi), olahraga beladiri Sambo juga tengah melakukan konsolidasi organisasi termasuk mengembangkan sayapnya ke semua daerah di tanah air.

Cabor ini diperkenalkan pada 2006, namun sempat vakum beberapa tahun, Sambo kini sudah memiliki 17 Pengprov. Secara organisatoris sesungguhnya Sambo yang merupakan perpaduan beberapa olahraga beladiri sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi anggota KONI Pusat.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP Persambi) Tomy Suhartanto kepada awak media saat menjamu makan malam Dmitri Maximov, Direktur Tekhnik Sambo asal Rusia di salah satu restoran di kawasan Senayan Jakarta, kemarin.

Menurut Tomy, upaya Persambi masuk anggota KONI Pusat memang tinggal selangkah lagi. Selain jumlah anggota Pengprov sudah 17, sementara persyaratan minimal 10 Pengprov, Persambi menjadi anggota KONI jelas tinggal menunggu waktu.

”Kami sekarang konsolidasi dulu baik secara organisasi maupun program. Prinsip kami organisasi harus kuat sehingga program berjalan lancar. Persambi tak mau hanya jadi pelengkap saja di KONI. Sambo harus memberikan kontribusi nyata untuk olahraga Indonesia," ujar Tomy.

Dengan menjadi anggota KONI, lanjut dia, upaya untuk mengembangkan Sambo hingga ke pelosok Desa akan lebih mudah. Selain itu, Persambi akan mendapat legitimasi huhum yang kuat karena sudah dipayungi oleh KONI Pusat.

Menurutnya bahwa, tak merasa ketinggalan kereta dengan cabor beladiri lainnya termasuk judo yang gerakan dasarnya dominan digunakan di Sambo. Bahkan dengan perpaduan sejumlah cabor beladiri tadi, Tommy optimis perkembangan Sambo di Indonesia ke depan akan lebih baik.

Keyakinan Tommy ini tentu beralasan mengingat Sambo sudah resmi dimainkan di Asian Games 2018. ”Nah ini modal besar kami untuk mengembangkan Sambo di Indonesia. Dari cabor sambo ini, Indonesia mempunyai peluang meraih dua keping emas,” tandasnya. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...