Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Alex:Pembangunan Sirkuit Jakabaring Libatkan Investor Swasta

Kamis, 03 November 2016

Share this history on :
SIRKUIT Jakabaring sedang disiapkan untuk menggelar MotoGP 2018. Sirkuitnya masih dalam pengembangan dan pembangunannya membutuhkan dana ratusan miliar. Demikian ditegaskan
Menurut Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Menurut Alex, pembangunan sirkuit Jakabaring untuk MotoGP akan melibatkan investor swasta. Sebab, kata dia, kondisi APBN maupun APBD tidak memungkinkan untuk membiayai pengembangan sirkuit. "Murni swasta, karena APBN situasi sedang sulit, tidak bisa bangun untuk itu, apalagi APBD. Kami ini di Palembang ini nafsu besar, tenaga (dana) kurang. Jadi ya pakai akal. Jadi penginnya itu banyak, duit enggak ada. (Untuk menanggulanginya) ya pakai akal itu tadi," kata Alex di Sepang, Malaysia, akhir pekan kemarin.

Ia mengklaim, hebatnya Jakabaring adalah tidak sepenuhnya menggunakan dana rakyat. Pembangunan stadion Jakabaring pada 2014 lalu saja lebih banyak melibatkan dana dari pihak ketiga. "Kita bangun Jakabaring di 2014 tempo hari itu Rp 2,1 triliun. Rp 200 miliar dari APBD, Rp 300 miliar dari APBN, Rp 1,6 triliun pihak ketiga. Hebatnya Jakabaring itu tidak sepenuhnya menggunakan dana rakyat," ujarnya.

Saat ini, tambah Alex, sudah lebih dari dua investor swasta yang berminat membiayai pengembangan MotoGP. "Semuanya qualified, kita adu aja nanti. Itu dari dalam dan luar negeri ada." Investor swasta yang dilibatkan untuk pembangunan sirkuit ini tentunya berharap mendapat keuntungan lebih. Alex mengatakan, investor swasta itu dalam waktu 3 tahun bakal balik modal.

"Janji si Tilke 'kan dia sudah pengalaman, 3 tahun balik modal. Pengalaman di mana-mana begitu. Dari sirkuit 'kan ada macam-macam, bukan cuma tiket penonton, ada iklan, TV, food and beverage, belanja dan sebagainya," sebut Alex.

Sementara itu Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa menyebut, pengembangan sirkuit MotoGP di Jakabaring yang melibatkan Hermann Tilke--desainer sirkuit dunia yang karyanya sudah digunakan di MotoGP dan Formula 1--hanya membutuhkan dana sekitar 30 juta euro.

"Jadi, tidak lebih dari Rp 500 miliar, masih jauh lebih kecil daripada pembangunan stadion tadi. Ini rencananya Hermann Tilke ingin membuat salah satu sirkuit paling murah di dunia, tapi speknya MotoGP," kata Sadikin. Raf


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...