Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Menpora: SG 2017 Bukan Prioritas

Sabtu, 31 Desember 2016

Share this history on :
SEA Games 2017 di Kuala Lumpur tak masuk agenda prioritas pemerintah tahun depan. Persiapan Asian Games 2018 dinomorsatukan. Demikian ditegaskan Menpora Imam Nahrawi.

Menurutnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan empat agenda besar untuk tahun depan. Yang paling utama persiapan pelaksanaan Asian Games dan Paragames. Kemudian penyiapan Olympic Center serta pelaksanaan Program Indonesia Emas (Prima).

Rencana itu diungkapkann dalam acara Refleksi dan Proyeksi kerja Kemenpora 2016-2017 di hall badminton kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (30/12/2016) oleh Menpora Imam Nahrawi kepada media. Agenda itu juga dihadiri para peraih medali emas Olimpiade, Susy Susanti, Alan Budi Kusuma, Taufik Hidayat, Tontowi Ahmad, dan Liliyana Natsir.

"Mulai saat ini prioritas kami adalah Asian Games dan Olimpiade. SEA Games 2017 menjadi batu loncatan dan tetap dianggarkan bersama cabor (cabang olahraga) prioritas. Sebagai gambaran pada SEA Games 2013 Singapura kita mengirimkan 565 atlet, nanti 2017 kami hanya mengirimkan maksimal 250 atlet. Kami akan kirim cabor dan atlet yang benar-benar berpotensi mendapatkan medali. Jadi tidak ada target peringkat di sana nanti," ucap Imam.

Sementara itu Chef de Mission [CdM] Kontigen Indonesia di SEA Games 2017 baru akan digelar awal Januari. Salah satu kandidatnya adalah Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin. SEA Games 2017 akan digelar pada 19-31 Agustus di Malaysia. Ada 38 cabang olahraga yang bakal dipertandingkan dengan total 405 medali.

Meski tinggal menyisakan kurang lebih delapan bulan lagi, KOI belum memilih CdM kontingen Indonesia. Menurut Juru Bicara KOI Hellen Sarita de Lima, penunjukkan resmi baru dilakukan pada awal tahun depan.

"Salah satunya ada Alex Nurdin. Tapi penetapan kandidat berdasarkan hasil rapat KE (Komisi Eksekutif) KOI. Kemungkinan awal Januari sudah ada nama yang ditetapkan sebagai CdM," ujar Hellen.

Terkait perkembangan persiapan Indonesia di SEA Games 2017, Hellen mengatakan saat ini sudah selesai proses entry by number cabor yang bakal diikuti oleh Indonesia. "Pekan lalu sudah dilakukan entry by number. Tapi jumlah cabor yang akan dikirimkan nanti tergantung dari anggaran. Silakan ditanyakan ke satlak prima cabor apa saja yang didaftarkan," katanya. Raf
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...