Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

AFC Kucurkan Dana Bantuan bagi PSSI

Selasa, 07 Februari 2017

Share this history on :
FEDERASI Sepakbola Asia (AFC) siap menggucurkan dana segar sebesar 600.000 dolar atau sekitar Rp 7,8 miliar bagi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), di tahun 2017 ini.
Dan bantuan itu diberikan agar Indonesia yang setahun lalu terkena sanksi pembekuan FIFA bisa kembali membangkitkan sepak bola di Tanah air, mengingat bagi Asia, Indonesia punya posisi penting.

AFC akan memberikan prioritas utama secara langsung untuk semua program PSSI. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal AFC, Dato' Windsor John dalam jumpa pers di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, Selasa 7 Februari 2017, setelah pertemuan AFC-PSSI selama dua hari.
Dana Rp 7-8 miliar tersebut terdiri atas 250.000 dolar bantuan tahunan, 300.000 dolar disalurkan langsung kepada komunitas atau lembaga terkait yang kompeten untuk infrastruktur, serta 50.000 dolar untuk bantuan pembelian peralatan.

"Dana tahunan diberikan karena kami menilai PSSI sudah kapabel untuk mengelola bantuan ini. Dana tahun ini diberikan dengan satu syarat, yakni harus diaudit tiap tahunnya dan laporannya diberikan kepada kami. Jika tidak ada laporan, bantuan dana untuk tahun selanjutnya akan kami hentikan. Dana ini bisa untuk membayar gaji staf, operasional kantor, kursus pelatih, dan lain-lain," katanya.

Bantuan sebesar 250.000 dolar digunakan untuk pembangunan infrastruktur seperti lapangan latihan. Terakhir, dana untuk bantuan peralatan, menurutnya, bisa dimanfaatkan untuk Timnas Indonesia seperti membeli bola, kostum, atau peralatan medis Timnas. Dana tersebut, dipastikan Dato' Windsor akan disalurkan secara tunai kepada PSSI.

Dengan bantuan sebesar itu, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi menyatakan, ke depannya ada prioritas yang dipersiapkan PSSI. Pertama, yakni untuk pembentukan Timnas. Mengingat pada 2017 ada tiga level Timnas yaitu U-16, U-19, dan U-23 yang akan mengikuti turnamen besar yang waktunya hampir bersamaan.

Kedua, dana tersebut akan dipergunakan untuk tambahan gaji pelatih Timnas Luis Milla yang rencananya akan datang ke Indonesia Rabu 8 Februari 2017 ini. Dia akan mulai melakukan pemantauan pemain untuk Timnas U-23 di Piala Presiden. Kemudian, prioritas terakhir adalah untuk infrastruktur pembangunan lapangan sepak bola. Namun Edy tidak menyebutkan apakah pembangunan infrastruktur diperuntukkan bagi Timnas atau untuk akademi pemain muda.

AFC juga bersedia menyediakan bantuan untuk tenaga ahli bukan hanya dari Asia tapi juga Eropa, wasit, dan pembinaan. Mereka juga akan membantu PSSI membangun kompetisi profesional yang lebih baik serta bantuan untuk live streaming guna menyiarkan kompetisi-kompetisi usai muda U-15 yang tidak dilirik media karena dianggap minim nilai komersial. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...