Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

IPSI Berjuang Agar Pencak Silat Dimainkan di Olimpiade

Selasa, 23 Mei 2017

Share this history on :
SALAH satu cabang olahraga asli budaya Bangsa Indonesia pencak silat terus berupaya agar dipertandingkan di ajang Olimpic Games. Sementara untuk tingkat Asia di Asian Games 2018 cabor ini akan dipertandingkan.

Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI), terus berjuang dan mempromosikan cabor ini sampai ke beberpa benua. Bahkan untuk membantu perkembangan di belahan Eropa, IPSI beberapa kali mengirimkan para pelatih dan pesilat tangguh, agar pencak silat bisa berkembang.

Demikian ditegaskan Prabowo Subianto selaku Ketua Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) usai dilantik oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin(22/5/2017).

“Kita berusaha keras agar cabor asli budaya leluhur bangsa ini bisa berkembang. Saya optimis silat bisa tampil di Olimpic Games. Kita terus berjuang,” kata Prabowo kepada awak media.

Meski ada keterlambatan dalam pelantikan, PB IPSI periode 2016-2020 tetap menjalankan semua program yang telah dicanangkan. Apalagi, Indonesia dihadapkan dengan banyak kejuaraan internasional seperti SEA Games 2017 maupun Asian Games 2018.

Tidak hanya itu, pencak silat juga terus melebarkan sayap dengan mengikuti kejuaraa single event seperti yang dilakukan di Belgia beberapa waktu lalu. Bahkan, kontingen Indonesia mampu merebut delapan medali emas.

“Selain terus mengejar prestasi, kami juga terus mengampanyekan pencak silat supaya digandrungi oleh masyarakat dunia. Pencak silat adalah warisan budaya nenek moyang kita,” katanya menambahkan.

Pria yang juga ketua umum DPP Partai Gerindra itu menjelaskan jika pencak silat merupakan bagian jati diri bangsa. Untuk itu pihaknya berharap ada dukungan besar, apalagi pencak silat juga bisa membentuk watak bagi manusia.

“Maka mari kita terus jaga salah satu warisan budaya Indonesia. Saat ini juga terus berjuang agar pencak silat bisa dipertandingkan pada olimpiade,” tegas Prabowo. Sementara itu ketua umum KONI Pusat Tono Suratman menjelaskan jika tugas dari PB IPSI kepengurusan baru memang cukup berat. Tantangan kedepan adalah harus mampu meraih hasil terbaik pada kejuaraan internasional, apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

“PB IPSI kepengurusan baru kami harapkan untuk segera bersiap diri. Semoga, kedepan atlet-atlet Indonesia terus menjadi yang terbaik,” tambahnya. >Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...