Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Pascua Juara, Medina Raih Gelar MI Pria

Minggu, 21 Mei 2017

Share this history on :
SETELAH meminpin selama tiga hari berturut-turut akhirnya, pecatur Philifina Pascua Heridas tampil sebagai juara Japfa Chess Festival 2017. Pada babak ke 11 atau terakhir di Gedung Serba Guna Senayan, tadi malam (18/5), Pascua bermain remis dengan Novendra.

Hasil ini membuat Pascua meraih poin tertinggi 7,5 diikuti pecatur Veitnam Vo Than Ninh (7 PV ) dan Novendra diperingkat ketiga dengan poin sama.
Sementara pecatur putri andalan Indonesia Medina Aulia harus puas diperingkat ke empat juga dengan poin sama yakni 7. Setelah pada babak ke 11 bermain remis dengan Pecatur India, Sagar Shah.

“Alhamdulillah saya bisa mendapatkan IM putra di sini, banyak pengalaman di sini,” kata Medina usai acara penutupan turnamen tahunan catur tersebut.

Ditanya keuntungan dari hasil pertandingan di ajang catur internasional yang melibatkan beberapa pecatur papan atas dari beberapa negara diantaranya dari Filipina dan Vietnam ini, Medina mengatakan cukup bermanfaat.

“Dengan hasil ini saya meraih gelar IM putra, rating saya lebih 2400 dan rating saya naik 16 atau 18,” kata Medina. Ditanya tentang target ke depan setelah meraih IM putra, Medina mengatakan berikutnya adalah Grand Master (GM).

“Berikutnya saya akan berusaha mendapatkan norma pertama GM, tapi ini akan sangat sulit, dan itu masih lama” tambahnya. Medina memastikan meraih gelar IM putra setelah akhir turnamen itu dia mengumpulkan 7 poin dari hasil lima kali menang dan dua kali remis.

Syarat untuk meraih Internasional Master adalah pecatur harus meraih tiga kali norma IM yang diakui FIDE (Federasi Catur Internasional), kemudian harus memperoleh minimal 2400 elo rating.

Chief Arbiter, Endar Sakti Lubis mengatakan, gelar resmi IM Medina masih harus menunggu pengesehan FIDE. Sebelumnya, FIDE juga menunggu rekomondasi dari PB.Percasi termasuk rekapitulasi hasil pertandingan Medina selama tiga kali memperoleh Norma International Master (IM) pria. ”Paling lambat tiga bulan dan pengesahannya pun harus melalui Kongres FIDE. Jadi tak semudah it,’kata Endar.

Sementara itu Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya mengatakan puas atas prestasi yang diraih pecatur-pecatur binaannya. “Saya bangga melihat prestasi yang dibuat para pecatur binaan saya, dan saya optimistis terhadap masa depan pecatur Indonesia,” kata Eka Putra Wirya. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...