Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

PT LIB Gelar Liga U-19

Kamis, 15 Juni 2017

Share this history on :
BABAK baru dalam kompetisi di kancah sepakbola nasional terjadi. Saat PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator siap menggelar Liga U-19 yang rencananya kick off-nya digelar pada 8 Juli mendatang di Bekasi. Liga U-19 adalah kompetisi usia muda yang diikuti oleh 18 klub Liga 1.

Demikian hasil rapat dan pertemuan manager meeting di Hotel The Park Lane, Jakarta, Rabu (14/06/17). Dalam pertemuan tersebut, diputuskan bahwa 18 klub Liga U-19 akan terbagi dalam tiga grup yaitu barat, tengah dan timur, dengan rincian satu grup dihuni oleh enam tim.

Grup barat dan tengah akan menggunakan sistem pertandingan home and away, sedangkan grup timur home turnamen. Khusus untuk grup timur, akan ada satu tim yang akan menjadi tuan rumah. "Nantinya laga pembuka sendiri akan mempertemukan Persija Jakarta melawan Sriwijaya FC yang rencananya digelar di Stadion Patriot Chandrabaga," ujar Direktur Utama PT LIB, Berlinton Siahaan.

Untuk babak penyisihan di masing-masing grup, yang lolos ke babak delapan besar adalah tim yang menjadi juara grup dan runner up. Ditambah dua dari posisi tiga terbaik. Kemudian pada babak delapan besar akan menggunakan format dua grup home tournament yang masing-masing diisi empat tim. Lalu babak semifinal dan final. Final sendiri akan digelar 29 Oktober.

"Saya harap turnamen ini lebih berkualitas maka dari hadiah juga kami naikkan. Hadiah juara pertama 300 juta Rupiah, juara kedua 200 juta Rupiah, dan ketiga 100 juta Rupiah. Sedangkan top skor dan best player masing-masing 25 juta Rupiah," tambahnya. Kompetisi U-19 juga tak menutup kemungkinan bagi klub untuk menurunkan pemain di tim senior yang masih berusia di bawah 19 tahun. Selain itu jadwalnya juga bisa kemungkinan berbarengan dengan tim senior.

"Kami kira ada 25 laga yang berbarengan dengan tim senior biar efisiensi. Sementara untuk batas pemain maksimal 1 Januari 1998 dan setelahnya agar terlink dengan timnas U-19," tegas Tigor Shalomboboy, CEO PT LIB. Rencananya pihak PT LIB juga akan menanyangkan pertandingan Liga U-19 secara langsung. Namun hingga kini pihaknya masih belum memastikan stasiun tv mana yang akan jadi official partner.

"Hingga saat ini untuk ditayangkan di TV kami masih terus komunikasi dengan pihak stasiun TV yang kerja sama dengan PT LIB. Tapi saya pastikan akan disiarkan live streaming terutama laga pembuka dan final," ujar CEO PT LIB, Risha Adiwijaya. Jordan

Berikut Pembagian Grup Liga U-19:

Grup A:Persija Jakarta
Persib Bandung
Semen Padang
Sriwijaya FC
PS TNI
Bhayangkara Surabaya United

Grup B:
Persela Lamongan
Madura United
Persegres Gresik
Arema Cronus
Bali United
Barito Putera

Grup C:
Mitra Kukar
Pusamania Borneo FC
Persipura Jayapura
Perseru Serui
Persiba Balikpapan
PSM Makassar.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...