Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Jatim Juara Umum Kejurnas Catur 2017

Minggu, 23 Juli 2017

Share this history on :
KONTINGEN Jawa Timur merebut juara umum Kejurnas Catur 2017 dengan mengumpulkan total perolehan 5 emas, 4 perak dan 2 perunggu seusai hari terkhir pertandingan di Cipayung, Bogor, Jawa Barat Jumat malam. Sementara itu tim Jawa Barat membuntuti di posisi kedua dengan 4 emas, 4 perak dan 2 perunggu, disusul DKI dengan 3 emas, 5 perak dan 5 perunggu.

Medali emas Jatim dipersembahkan oleh Muhamad Agus Kurniawan di kategori junior A putra, Nayaka Budhidarma (junior E), Blang Shalahudin Alfaruq (Junior F) dan Muazzam Bilal Wicaksana (Junior G), serta di nomor senior putri Aay Aisyah Anisa.

Sementara itu Jabar mendapat emas dari kategori junior putri atas nama Regita Deswari Putri (A), Diajeng Theresa Singgih (B), Ivana Lasama (D), Nadine Falensia (F). Sedangkan DKI kebagian emas dari kategori Terbuka Novendra Priasmoro, Christine Elisabeth (junior putri C), dan Laysa Latifah (junior putri E).

Bagi FM Novendra Priasmoro, secara mengejutkan atau tak terduga mampu mengalahkan GM Susanto Megaranto dalam kategori terbuka setelah memimpin dengan mengumpulkan 8,5 poin di Cipayung, Bogor, Jawa Barat, Jumat. Kemenangan Novendra di kejurnas itu bukan suatu hal yang mudah didapat mengingat persaingan pada hari terakhir kejurnas berlangsung alot.

Namun Novendra memastikan juara setelah pada dua babak terakhir meraih sekali menang dan sekali remis, sehingga secara total 10 babak pertandingan dia memimpin dengan mengumpulkan 8,5 poin. Pada pertandingan babak sembilan, Novendra mampu mengalahkan senior dia yang juga unggulan pertama GM Susanto Megaranto (Jabar), dan pada babak terakhir 10 bermain remis melawan Yoseph T Taher (PB).

Dalam sambutan penutupan Kejurnas Catur 2017, Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto menyambut positif hasil kejurnas ini. “Kejurnas kali ini melahirkan banyak kejutan, terutama pecatur muda. “Animo masyarakat dari daerah kini kian berkembang dan serius membina catur di daerah. Ini respon positif yang harus kita kembangkan,” kata Utut.

Terkait hal itu,dirinya akan memulai melakukan peninjauan ke Percasi daerah untuk menggenjot prestasi pecatur daerah. “Saya akan meninjau ke daerah, saya akan beri mereka pelatih handal agar kualitas pecatur bisa merata,” katanya.

Sementara hasil dari kategori kelompok putra senior, Utut menyatakan secara otomatis peringkat satu-tiga masuk dalam skuad Tim Olimpiade 2018. “Tiga pecatur itu otomatis masuk dalam persiapan Tim Olimpiade Indonesia. Sisanya akan kita seleksi untuk melengkapi kuota tim,” tandasnya. Jordan


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...