Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Tes Even Nomor Baru Menembak Disaksikan Perwakilan INASGOC

Selasa, 07 November 2017

Share this history on :
SUDAH menjadi keharusan (Wajib) hukumnya bagi cabang olahraga yang tampil di ajang Asian Games 2018 untuk melaksanaan Test Event. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kemampuan para perangkat pertandingan, seperti wasit, juri, dan komite pertandingan serta perangkat lainnya.
Demikian juga cabor menembak Asian Games XVIII 2018 melakukan tes even. Bagi Perbakin ajang ini guna persiapan para atlet menembak Indonesia untuk menghadapi pesta akbar olahraga se-Asia tersebut.

Demikian dikatakan Competition Manager (CM) Test Event Asian Games 2018, Selvyana S Hosen yang juga anggota Bidang Hubungan Luar Negeri PB Perbakin di Jakarta, Minggu (5/11). Menurut Selvyana, kegiatan test evant road to Asian Games 2018 dengan nama kejuaran Indonesia Shooting Competition ini selain untuk menguji kesiapan pelaksanaan kepanitian cabor menembak, sekaligus dimanfatkan untuk menguji kesiapan para atlet menembak nasional.

Kegiatan yang digelar 4-12 November 2017 ini berlangsung di Lapangan Tembak Senayan Jakarta dan Arena Tembak Divisi Infanteri I Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat. Kejuraan ini diikuti 184 peserta dari 22 provinsi di Indonesia ini mempertandingkan 18 nomor event, yaitu untuk nomor perorangan dan team sesuai aturan International Shooting Sport Federation (ISSF) sebagaimana yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2018 mendatang.

“Kami mengharapkan semua yang terlibat dalam kegiatan ini, mulai dari kepanitiaan, juri, crew, pelatih maupun para atlet dapat memanfaatkannya sebaik-baiknya. Sehingga kita mampu meraih sukses ganda, yaitu sukses pelaksanaan maupun sukses prestasi,” ujar Selvyana.

Lebih lanjut menurut Selvyana, PB Perbakin mengharapkan para atlet menembak Indonesia mampu memanfatkan test event Asia Games ini untuk ukir prestasi pada saatnya nanti. “Minimal kita bisa meraih medali perunggu pada Asian Games nanti. Tentunya kita berharap para atlet mampu meraih prestasi lebih dari itu, yaitu meraih medali emas Asian Games” tambah Selvyana.

Sementara itu Competition Director Test Event cabor menembak Asian Games, K S Henry Oka mengatakan kegiatan ini menjadi bagian penting bagi persiapan Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018. Terutama dari segi kepanitian serta persiapan atlet Indonesia, khususnya dalam menerapkan aturan ISSF sebagaimana yang akan dipertandingkan nantinya.

Salah satunya adalah penerapan pada nomor-nomor baru yang untuk pertama kalinya akan dipertandingan pada Asian Games 2018 mendatang, yaitu nomor 10 meter air pistol mix team, 10 meter air rifle mis team dan trap mis team.
Oka berharap dengan test event ini semua yang terlibat bisa berdaptasi dengan baik, disamping 15 nomor lainnya yang juga akan dipertandingakan di Asian Games tahun depan.

Hal senada juga diutarakan Sigit Wibowo selalu Venues Even kegiatan ini. Sigit yang juga Sekretaris Pengprov Perbakin Sumatera Selatan ini mengharapam tes event di Jakarta dan Cilodong dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga mampu diterapkan pada venues yang sesungguhnya di Lapangan Tembak Jakabaring Sports City di Palembang saat Asian Games tahun depan.

Menurutnya test event di Lapangan Tembak Senayan dan Cilodong dilaksanakan karena Lapangan Tembak di Palembang masih dalam tahap renovasi dan pembangunan. Pihaknya berharap semua yang terlibat di test event saat ini mampu menerapkannya dalam uji coba pada saat kejuaraan menembak Indonesia Open pada bulan Maret 2018 mendatang di Palembang.

Pada kejuaran tersebut semua unsur kembali dilibatkan, selain itu juga akan diundang negara-negara peserta Asian Games. Tentunya kejuaraan bertarap internasional itu mampu menjadi persiapan akhir bagi cabor menembak, selain mengunakan venues Asian Games sesungguhnya, para pesertanya juga akan bertanding di Asian Games mendatang. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...