Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Dwi Tarung Susanto vs Ruslan dan Medina vs Bathcimeg

Sabtu, 19 Oktober 2019

Share this history on :
PENGURUS Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi ) bekerjasama dengan PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) bekerjasama untuk menggelar International Rapid, Blitz & Blind Chess Tournament yang diselenggarakan 19-20 Oktober di Sekolah CAtur Utut Adianto di Bekasi. Event untuk persiapkan dua pecatur unggulan Indonesia WGM Media Warda Aulia dan GM Susanto Megaranto untuk berlaga di SEA Games.

“Kami pilih lawan sepadan dan yang cukup kuat untuk mereka. GM Medina Warda Aulia akan melawan pecatur Mongolia, WGM Batchimeg Tuvshintugs Sedangkan GM Susanto Megaranto akan melawan pelatihnya, GM Ruslan Scherbakov,” kata Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto kepada wartawan usai membuka even itu.

Percasi berharap kepada  kedua pecatur Indonesia GM Susanto dan Medima, untuk meraih prestasi di SEA Games Filipina 2019 nanti.  “Posisi Pecatur Indonesia di Asia Tenggara sangat baik meski banyak lawan yang tidak bisa diremehkan. Hadirnya tournament ini bisa menjadi pijakan kuat karena lawan latih tanding yang cukup mumpuni,” tegasnya.

Even ini selain bertujuan untuk mempersiapkan kedua pecatur untuk SEA Games. Tournament ini juga menjadi ajang untuk memberikan peluang bagi pecatur Indonesia untuk mencicipi pertandingan catur cepat dan catur kilat. Dua kategori pertandingan juga dimainkan dalam ajang ini yaitu untuk junior (U-18 dan U-20) yang diikuti oleh 160 peserta.

“Tournament ini diikuti oleh 370 peserta dan 160 diantaranya bermain di kategori Junior, jumlah tersebut terpaksa harus dibatasi karena peminat cukup besar” ujar GM Utut. “Terimakasih dukungan dari JAPFA telah memberikan kesempatan bagi kedua pecatur unggulan untuk latih tanding sebelum SEA Games dan bagi pecatur Indonesia lainnya untuk bertanding di nomor cepat dan kilat,” ujarnya.

Pertandingan antar dua WGM dan dua GM tersebut akan berlangsung dalam format yang nantinya akan digunakan di dalam SEA GAMES. Kristianus menjelaskan akan terjadi Pertandingan Catur Kilat 3 menit plus dua detik dan Catur Cepat 15 Menit dan 10 detik.

“Total tournament akan berlangsung enam game, dengan masing-masing kategori main dua kali untuk buah putih dan buah hitams. Selain itu juga ada eksibisi rapid blind chess,” tutur  Kristianus Liem, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi.

SEA Games 2019 di Manila yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 November hingga 11 Desember nanti merupakan peluang besar bagi pecatur Indonesia. Pasalnya dua nomor pertandingan catur cepat dan catur kilat merupakan kemampuan unggulan pecatur Indonesia.

Dua  nomor catur cepat dan catur kilat merupakan salah satu keunggulan pecatur Indonesia. Harapannya melalui kedua nomor tersebut pecatur Indonesia bisa menyumbangkan emas bagi  Indonesia.
Sehingga pihak Japfa berharap adanya turnamen ini menjadikan pecatur kita dapat berprestasi. Menurut Agus Mulyono, Social Investment Manager JAPFA bahwa prestasi tim Indonesia dua nomor ini cukup dipertimbangkan dan bersaing ketat dengan pecatur dari tuan rumah.

Agus menjelaskan, JAPFA mencoba menangkap peluang tersebut dengan menggelar JAPFA International Blitz, Rapid, and Blind Chess Tournament kali ini. Persiapan yang matang bagi para pecatur Indonesia menjadi kunci utama untuk membuka gerbang kemenangan di SEA Games nanti.

“Lawan tanding yang dihadirkan sangat mumpuni pecatur dari Mongolia seperti WGM Batchimeg merupakan satu dari pecatur unggulan Mongolia. Akan halnya pertandingan antara GM Scherbacov yang selama ini menjadi pelatih GM Susanto menjadi pertandingan  yang layak dinanti,”katanya.

Para peserta di even ini juga diikuti politisi oleh Anggota DPR yang juga Ketua Pengprov Percasi Kalteng, Agustiar Sabran. "Kalteng pernah menggelar event Kejurnas. Kita berencana menggelar event Liga Catur. Tentunya diikuti pecatur-pecatur nasional.  Pokoknya kita bikin meriah, " ujar Agustiar. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...