Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Elfandi Totalitas Buat Sepakbola

Rabu, 09 Oktober 2019

Share this history on :
Pria yang satu ini, yakni Elfandi MA SPd (45), adalah salah satu dari 97 calon Exco PSSI siap untuk memperebutkan 12 kursi Exco. Kontribusi Elfandi untuk sepakbola boleh disebut sudah sangat berakar.

Ia terlahir dari rahim sepakbola. Sehingga pria yang akrab disapa Bang El ini ingin berbuat untuk sepakbola negeri ini. Tentunya dengan mencalonkan diri menjadi Exco PSSI.

"Saya terlahir dari rahim sepakbola. Artinya dari  kecil sudah berkecimpung  di sepakbola. Kebetulan  paman saya mantan sepakbola dan pengurus PSSI. Sehingga secara historis naluri sepakbola mengalir di diri saya," kata Elfandi yang juga sebagai Ketua KONI Prov Babel kepada wartawan di Jakarta, Selasa (8/10).

"Saya sudah malang melintang di dunia sepakbola. Saya 15 tahun jadi pemain sepakbila. Dan menjadi penggerak di berbagai organisasi sepakbola. Mulai dari tingkat mahasiswa hingga klub dan Bond (perserikatan)," kata bapak empat anak ini.

Ia juga sebagai Inisiator pelaksana 2002 Liga Champion Yamaha Mahasiswa.   Badan kordinasi sepakbola mahasiswa Indonesia sebagai  Wakil Sekum. Dan juga sebagai  Ketua Pengprov Liga Mahasiswa Jabar.

Ia juga yang membawa sukses dan kebangkitan sepakbola Babel. Untuk kali pertama Babel lolos di PON Jabar 2016 lalu. Kini guna menghadapi Pra PON 2020 Tim Babel sedang melakukan Traning Champ di Jawa Barat. Rencana tim ini akan melakukan tiga kali uji coba.

Menurut Bang El, jika kelak terpilih menjadi salah satu Exco nanti ia berjanji akan membuat blue print sepakbola yang tak lekang ditelan jaman. Yang utamanya tentunya sistem pola pembinaan yang berjenjang. Kompetisi yang teratur, regulasi yang harus dipatuhi.

"Saya sangat tersanjung bisa berada di 97 Exco yang mendaftar.  Dan bersaing dengan para politisi, praktisi, pengamat dan penggiat sepakbola. Intinya semua lapisan masyarakat ikut terlibat. Ini dinamika sepakbola," terang pria termuda yang menjabat Ketua KONI Daerah itu.

Masih menurut Elfandi bahwa ia ingin membawa ikon sepakbola pantai, terutama untuk putri. Apalagi menurutnya bahwa Babel salah daerah gudangnya pemain sepakbola putri. Ini terbukti bahwa 5 atlet  Babel masuk timnas sepakbola putri. 
Kapten timnas Ade Mustika. Babel punya potensi untuk cabor sepakbola pantai, terutama putri. "Saya Ingin membangkitkan sepakbola Indonesia. Prestasi sepakbola sudah lama tak terdengar di kancah internasional," tegasnya.

Salah satu cara untuk membangkitkan dan menggairahkan sepakbola putri adalah dalam waktu dekat akan menggelar Kejuaraan Sepakbola Pantai Piala Gubernur Se-Indonesia.

Elfandi juga menyoroti sistem dan pola pembinaan usia muda yang selama banyak digelar oleh pihak lain. "Saya ingin kegiatan ini terorganisir. Artinya kompetisi yang selama ini digelar oleh berbagai pihak patut kita dukung. Tapi alangkah lebih baik bersinergi dengan lembaga terkait, yakni PSSI," tegasnya. Jordan 
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...