Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Marciano Nilai Karetka SEA Games Dalam Kondisi Puncak

Senin, 21 Oktober 2019

Share this history on :
Teriakan “Siapa Kita?” yang langsung diiringi jawaban “Indonesia!” beberapa kali menggelegar membahana seperti membelah Gedung Serba Guna, Senayan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Wujud gelora semangat  para atlet dan pelatih Tim Karate Indonesia untuk SEA Games Filipina meluap menyambut kunjungan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Setelah mendapat salaman dari para karateka dan pelatih, Marciano kembali meminta agar mereka meneruskan latihan. Marciano yang didampingi Wakil II Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Beladiri) KONI Pusat Syamsudin, dan Manajer Tim Karate SEA Games Djafar Djantang dengan tekun mengamati penampilan para atlet dalam memperagakan kesiapannya berlaga di nomor kata dan kumite putra-putri.

Setelah latihan selesai, Marciano memberikan apreasi terhadap semangat dan kerja keras para atlet, pelatih dan personil Tim Karate yang akan terjun pada SEA Games 2019 di Filipina, November mendatang.

“Saya bangga kalian telah bekerja keras setiap hari di Pelatnas. Setiap tetes keringat yang kalian curahkan untuk Indonesia. Demi kejayaan Merah Putih di kancah olahraga,” kata Marciano saat memberikan wejangan kepada 17 atlet dan enam ofisial.

Marciano melihat para atlet sudah berada dalam kondisi puncak. Moril para atlet juga tinggi. Dengan kerja keras dan bimbingan dari pelatih dan manajer, Marciano yakin, para karateka akan memberikan yang terbaik dan kebanggaan bagi rakyat Indonesia pada pesta olahraga antarnegara Asian Tenggara mendatang.

“Saya ingin kalian menjadi patriot olahraga yang bersemangat dan kerja keras untuk membela nama baik bangsa dan negara di kancah internasional. KONI Pusat bertekad melalui olahraga menempatkan Indonesia pada posisi terhormat di mata dunia. Jadi kalian bukan hanya kebanggaan keluarga atau daerah namun kebanggaan bangsa,” ucap mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu membakar semangat para karateka.

Menyinggung tentang tantangan di SEA Games nanti, Marciano menyebutkan, Malaysia dan Vietnam menjadi saingan Indonesia dalam memburu yang terbaik. Tetapi dia mengingatkan agar tetap mewaspadai negara lainnya, khususnya tuan rumah Filipina. Namun dia yakin dengan kesiapan dan tekad besar para atlet, Indonesia akan mampu mengatasi para lawan.

“Agar perjuangan nanti benar-benar maksimal maka jangan sampai masalah-masalah pribadi atlet tidak tersampaikan. Jagalah terus kesiapan fisik dan mental kalian. Keutuhan tim juga harus terjaga sebagai satu kesatuan. Selamat berjuang semoga sukses. Kibarkan Bendera Merah Putih dan kumandangkan Lagu Indonesia Raya,” tutur Marciano mengakhiri wejangannya.

Sementara itu  Djafar Djantang menjelaskan, Pengurus Besar Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (PB Forki) mengirimkan 17 atlet untuk mengikutin 13 kelas. Para atlet sudah ditempa sejak Juni lalu diantaranya dengan berlatih di Jepang selama tiga pekan. Sampai waktu pemberangkatan, seluruh atlet konsentrasi mempersiapkan diri di dalam negeri.

“Kami menargetkan dua medali emas. Semoga saja bisa lebih. Emas diharapkan dipetik dari kumite meskipun nomor kata juga berpeluang,” ujar Djafar.  Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...