Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Pelatnas Karate Sudah Memasuki 90 Persen Tahapan

Senin, 21 Oktober 2019

Share this history on :
Persiapan atlet Karate Pelatnas SEA Games Filipina 2019 kini telah memasuki 90 persen. Kini tinggal pematangan taktik dan strategi untuk menghadapi lawan. Demikian dikatakan Pelatih Kepala Karate Abdullah Kadir kepada wartawan di sela sela kunjungan Pelatnas SG 2019 oleh Ketum KONI Pusat Marciano Norman di Gedung Serba Guna, Senayan, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Dikatakan Kadir bahwa dari beberapa uji coba dan serangkaian pertandingan di luar negeri Atlet pelatnas sudah menyelesaikan beberapa tahapan. "Kini kami fokus untuk menghadapi SEA Games nanti. Semua lawan kami anggap berat. Tinggal kesiapan untuk menghadapi mereka. Dan anak-anak harus fokus siapa pun lawannya," kata Abddullah Kadir yang didampingi pelatih lain seperti Donny Darmawan, Jeanny Zeanet, dan Robert Karly.

Menurut Kadir pesaing kita adalah atlet Malaysia, Vietnam, Thailand, dan tentunya tuan rumah Filipina yang selama ini kekuatan mereka tidak terdeteksi. "Karate tuan rumah bisa menjadi kuda hitam. Sebab kekuatan mereka sulit kita prediksi . Apalagi ini cabang olahraga yang nilai subjektivitas lebih kental. Selaku tuan rumah tentunya mereka lebih diuntungkan. Tapi kami tekankan ke para untuk siapkan mental bertanding," tegas Kadir.

Hal lain yang perlu diperhatikan menurut Kadir adalah soal nutrisi dan psikologi. Dua hal ini sangat penting kata Kadir. Nutrisi sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi anak-anak. Sedangkan psikolog diperlukan untuk menjaga mental bertanding para atlet.

Soal target, Kadir menyatakan bahwa PB Forki menargetkan dua emas. "Kami akan berusaha mencapai target itu. Syukur-syukur ada peluang kita bisa melebihi target," tandasnya.

Dengan kekuatan 17 karateka, komposisi 9 atlet putra dan 8 atlet putri, serta ditangani 5 pelatih, mereka akan mengikuti 13 kelas di SEA Games Manila 2019, dengan dua target emas. Mudah-mudahan hal ini bisa tercapai, bahkan ada kemungkinan dan mempunyai potensi melebihi target.

Hal senada dikatakan Menejer Tim Karate Djafar Djantang bahwa kondisi anak anak kini sudah tinggal menyelesaikan tahapan mental bertanding. "Mereka sudah siap untuk bertanding di SG nanti. Tinggal mengasah soal mental bertanding saja. Melihat kondisi saat ini, saya yakin kita mampu meraih target dua emas," kata Djafar.

Sementara itu Ketum KONI Pusat Marciano Norman yang berkesempatan mengunjungi Pelatnas SG 2019 di cabor karate ini, menyatakan agar para karate bisa menjaga kondisi fisik dan mental untuk menghadapi SG nanti. "Jaga kondisi  kalian agar nanti saat bertanding benar benar siap. Saya yakin dan percaya bahwa kalian sebagai kesatria mampu meraih target medali," kata Marciano kepada wartawan. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...