Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Tim Davis Indonesia Target Menang Lawan Kenya

Rabu, 04 Maret 2020

Share this history on :


Pertarungan hidup-mati untuk menentukan nasib untuk tetap bertahan di Grub II Dunia Piala Davis. Kali ini tim Indonesia melawan Kenya di pentas play-off Grup II Dunia Piala Davis di Stadion Tenis Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 6-7 Maret 2020, partai ini diperkirakan bakal sengit. 

Bagi tim Indonesia harus menang melawan Kenya jika ingin bertahan di Grup II Dunia. Demikian ditegaskan Manajer tim Piala Davis Indonesia Budi Martono mengatakan kepada wartawan di Stadion Tenis Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Rabu, (4/3/2020),  meski secara peringkat tim Indonesia berada di bawah Kenya, peluang untuk menang sangat terbuka.

Seperti diketahui saat ini peringkat tim Indonesia berada di posisi 65 sementara Kenya di peringkat 63. ”Target kami menang lawan Kenya. Namun kita akan manfaatkan keunggulan non teknis bermain di kandang sendiri. Oleh karenanya, kami berharap dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar perjuangan Christopher Rungkat dan kawan-kawan untuk bertahan di Grup II Dunia tercapai,” ujar Budi.

Untuk menjamu Kenya dalam laga play-off ini, komposisi tim Indonesia seperti dikatakan Budi Martono merupakan kombinasi pemain senior dan yunior. Hal itu dimaksudkan agar terjadi kesinambungan regenerasi. Tahun lalu tim Piala Davis Indonesia masih aman berada di world group (grup dunia) II.

Jika kalah lawan Kenya, Indonesia terdegradasi ke grup III alias zona Asia-Oseania atau terlempar dari grup dunia. Masukunya Christopher Rungkat diharapkan semakin menambah kekuatan tim Indonesia.

Selain Christo, tim diisi David Agung Susanto, M. Rifqi Fitriadi, dan pemain junior Gunawan Trismuwantara. Ini merupakan momen kembalinya Christo ke tim Davis. Sebelumnya, dalam pertandingan zona Asia-Oseania II melawan Selandia Baru pada Setember lalu, Christo absen. Dia sedang mengikuti serangkaian turnamen di berbagai negara. Saat itu Indonesia kalah dengan skor 1-3 dan harus menjalani babak playoff.

Sementara itu Kapten tim Febi Widhiyanto mengatakan, skuad kali ini dianggap yang terbaik. Komposisinya pas. Selain pemain senior, pihaknya mempertahankan tradisi memainkan petenis junior. Tahun lalu PB Pelti memasukkan Ari Fahresi. ’’Dari mereka ada tiga orang, yaitu Christo, David, dan Rifqi yang bertipe all-court. Mereka bisa bermain single atau double,’’ kata Febi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (4-3-2020).


Kembalinya Christo membuat kondisi tim bisa lebih baik. Mereka makin percaya diri dan memiliki sosok leader yang dibutuhkan tim. Hal itu berbeda dengan ketika melawan Selandia Baru lalu. ’’Christo sudah banyak pengalaman dan sering bermain dalam multievent. Dengan adanya dia, yang lain semakin termotivasi,’’ kata Febi.

Drawing dilakukan Kamis mendatang (5/3) besok. Ini kali pertama Indonesia bertemu Kenya. Dilihat dari peringkat, para pemain Indonesia lebih unggul. Namun, Febi tidak ingin jemawa. Sebab, pihaknya sangat buta kekuatan lawan. Menjalani playoff grup dunia sangat berbeda dengan saat terjun di zona Asia-Oseania. Saat itu mereka masih sering bertemu dengan lawan dan tahu track record mereka.

’’Kenya ini yang kita nggak tahu. Mereka lebih sering mencari poin di turnamen Eropa yang kualitasnya mungkin lebih bagus. Ini beda dengan lawan-lawan di Asia,’’ terang Febi. ’Jadi, kami tetap fokus dan lihat perkembangan situasi di lapangan,’’ tambah mantan pemain nomor satu Indonesia itu.

Kesempatan sama, kapten tak bermain tim Piala Davis Kenya, Rosse Merry mengakui tak mudah untuk bisa mengalahkan Indonesia apalagi pertandingan berlangsung di kandang sendiri.

”Kami datang ke Indonesia tanpa beban, namun bukan berarti para pemain kami akan bermain seadanya. Sama halnya dengan tim Indonesia, kami juga tak ingin terlempar dari grup dunia,” tambahnya. Jordan

 Tim Davis Indonesia:

Christopher Rungkat

David Agung Susanto

M. Rifqi Fitriadi

Gunawan Trismuwantara

Kapetn tak bermain: Febi Widhiyanto

Manajer: Budi Martono
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...