Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Marciano: Optimis Prestasi Olahraga Indonesia Meningkat

Kamis, 28 April 2022

Share this history on :


KONI Pusat Marciano Norman mendukung penuh program pemerintah lewat Kemenpora dengan terbentuknya Design Besar Olahraga Nasional (DBON). Terbentuknya lembaga ini, guna terwujudnya pencapaian target Indonesia masuk sepuluh besar di ajang Olimpiade 2032 di masa sepuluh tahun mendatang.

Kita jangan lagi menggantungkan kepada dua cabor, yakni Bulutangkis dan Angkat Besi yang menjadi langganan penyumbang medali bagi Kontingen Indonesia di arena olimpiade.

Tetapi kita harus mulai dari sekarang untuk mempersiapkan diri dari cabor lainnya yang nomor perburuan medali lebih banyak. Seperti atletik dan renang.

Demikian ditegaskan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman dalam sambutannya di sela-sela acara buka puasa bersama (Bukber) dengan sejumlah media di Ming Resto Jakarta, Rabu (27/4).

"Dengan jumlah populasi penduduk kita yang mencapai sekitar 170juta jiwa. Jelas kita mempunyai potensi melahirkan atlet berbakat. Jika dibina dengan benar berdasar Ilmu Pengetahuan dan teknologi diyakini bakal mencapai prestasi dunia," kata Marciano.

Oleh karenanya, membangun prestasi olahraga nasional harus melalui tahapan pembinaan berjenjang dan berkelanjutan. Diharapkan semua cabang olahraga harus memiliki pemahaman dan pembinaan yang sama.

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam menangani pembinaan olahraga prestasi, KONI, menurut Marciano, akan menata kembali tata kelola dengan mengacu prestasi dunia.

“Jenjang prestasi olahraga internasional itu untuk multi event sudah jelas mulai dari SEA Games, Asian Games hingga puncaknya olimpiade,” kata mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu.


Menyinggung masalah Pembentukan  Tim Review bentukan Kemenpora yang merekomendasikan Cabor SEA Games Hanoi Vietnam.

Marciano menanggapi bahwa tim ini harus kita dukung sepenuhnya. "Mari kita dukung dan berikan kesempatan mereka bekerja secara maksimal. Kedepannya tim inilah yang akan menentukan layak tidaknya seorang atlet berlaga di multi event, baik SEA Games, Asian Games, maupun Olimpiade. Tim ini pun sudah bekerja dengan maksimal sehingga bisa menetapkan 32 cabor saja ke SEA Games Hanoi," tegas Marciano.

Untuk membedah pokok permasalahan benang-merah Olahraga Indonesia. Menurut Marciano  akan menggelar diskusi lebih tajam dan kritis dengan para awak media agar sama sama meniliti betul terkait persiapan KONI Pusat ke depan dalam peran penting dan upaya meningkatkan prestasi olahraga di Indonesia. Jordan 

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...