Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Eka: Peluang Pecatur Kita Masih Terbuka Lebar

Kamis, 11 Mei 2023

Share this history on :

Ket foto: Eka Putra Wirya Dewan Pembina PB Percasi: Pecatur Indonesia Masih Berpeluang Besar Lolos. Para Pecatur Indonesia Harus Fokus.


Para pecatur putri terbaik Indonesia IM Irene Kharisma Sukandar, GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro kembali memasuki persaingan perebutan juara usai memainkan babak 6 dan 7 Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023 sekaligus perebutan tiket ke Piala Dunia Catur 2023.

Irene Kharisma pada laga yang berlangsung di Ballroom Hotel Century Park Senayan, Jakarta (10/5/2023) mampu menambah 1,5 point. Pada babak 6 siang hari Irene tidak berhasil mendulang poin penuh saat berlaga melawan pecatur Vietnam GMW Nguyen Thi Thanh An (elo rating 2252). Bermain dengan buah putih, Irene harus puas berbagai angka setelah sepakat remis dengan Nguyen Thi Thanh An di langkah ke-34.

Usai bermain remis dibabak keenam, babak 7 penampilan Irene semakin apik berhadapan dengan GMW dari Mongolia, Altan-Ulzil Enkhtuul (2254) , Irene mengendalikan buah hitam mampu memenangkan pertandingan.

“Mampu menambah 1,5 point hari ini menjadi hasil yang menggembirakan karena dirinya sempat melakukan berapa kesalahan ketika bermain pada babak 6 dan berhaisl diperbaiki dibabak 7 sore hari, “ ungkap Irene.

Ditambahkan Irene, pada sisa dua babak dirinya berupaya bermain sebaik mungkin disamping menjaga stamina karena sisa dua babak yang menentukan dipastikan membutuhkan stamina yang baik.

Hasil yang digapai hari ini kembali mengangkat posisi Irene Kharisma dua klasemen kelompok putri dengan raihan point 5 sama dengan pemuncak klasemen WGM Vo Thi Kim Phung (2351) dari Vietnam serta pecatur putri Singapura WGM Gong Qianyun (2247) dan pecatur Vietnam lainnya WGM Nguyen Thi Mai Hung (2193) posisi tiga hingga 4. Sedangkan unggulan utama asal Mongolia IM Munguntuul Batkhuyag (2408) yang senpat memimpin hingga babak 6 turun keperingkat lima dengan 4,5 point usai ditundukkan Qianyun dibabak 7.

Memasuki babak akhir sangat terlihat persaingan masih ketat utamanya bagi pecatur papan atas pada Asian Zone 3.3 Chess Championship edisi tahun ini, sehingga mental bertandingan dan strategi yang mumpuni menjadi faktor penting untuk raihan gelar juara, “ ujar Anggota Dewan Pembina PB. Percasi Eka Putra Wirya ketika hadir menyaksikan pertandingan.

Dua Babak terakhir Sangat Menentukan 

Pertandingan babak terakhir akan menjadi pertandingan yang tidak kalah seru. Tiket untuk memasuki piala dunia akan diberikan kepada dua teratas di klasemen putra dan ranking pertama klasemen putri. GM Susanto perlu mempertahankan posisinya agar tidak tergeser oleh pecatur lain.

Eka berharap disisa dua babak terakhir, performa pecatur tuan rumah bisa terus menuai hasil positif dengan raihan point penuh sepertai Irene, GM Susanto Megaranto ( 2523) termasuk juga GM Novendra Priasmoro (2504) dibagian putra.

Sementara dibagian putra Novendra Priasmoro bermain apik usai menumbangkan unggulan utama asal Singapura GM Jingyao Tin (2576) pada babak ketujuh. Kemenangan dari Tim Jingyao diraih Novendra yang memegang buah putih lewat permainan kombinasi sepasang kuda yang sangat menawan.

Tin Jingyao yang memiliki elo rating tertinggi di ajang ini kesulitan mengantisipasi manuver sepasang kuda milik Novendra hingga akhirnya melakukan blunder kehilangan satu perwira dan menyerah pada langkah ke-31.

"Senang banget bisa menang di babak 7 ini dan berharap penampilan positifnya terus terjaga untuk persaingan perebutan juara" kata Novendra usai laga kontra Tin Jingyao.

Mungkin dia tidak punya referensi permainan seperti tadi. Jadi dia tidak punya ide-ide bagaimana mengembangkan permainan dalam pembukaan Carro Kan yang mengarah ke Prancis. Harusnya di langkah ke-13 dia sudah rokade. Untuk mengamankan rajanya. Tapi karena Bentengnya berpindah jadi tidak bisa rokade. Sehingga saya jadi bisa mengendalikan permainan," imbuhnya.

Tambahan poin penuh dalam laga ini membuat total poin yang dikemas Novendra menjadi 5 poin (hasil dari 3 kali menang, 3 kali remis dan 1 kali kalah). Novendra yang dibabak 6 bermain remis dengan pecatur Mongolia GM Batchuluun Tsegmed (2466) menempati urutan ketiga di bawah pemuncak klasemen GM dari Mongolia Sumiya Bilguun (2474) yang mengemas 6 poin. Disusul GM Vietnam Le Tuan Minh (2542) di urutan kedua dengan 5 poin.

Sementara andalan Indonesia lainnya GM Susanto Megaranto berada di urutan ke-4 dengan mengoleksi 4,5 poin. Pada babak ke-7 Susanto bermain remis lawan GM Sumiya Bilguun dan meraih point penuh usai menang atas rekan dream teamnya FM Andrean  Susilodinata (2379) dibabak 6.

Pertandingan babak terakhir akan menjadi pertandingan yang tidak kalah seru. Dan tentunya sangat menentukan sekali. Tiket untuk memasuki piala dunia akan diberikan kepada dua teratas di klasemen putra dan ranking pertama klasemen putri. GM Susanto perlu mempertahankan posisinya agar tidak tergeser oleh pecatur lain.

Masih Eka yang terpenting dalam hal ini pecatur harus fokus, selain mental dan semangat bertanding sangat berperan. "Harapan kita Indonesia dapat meloloskan pecaturnya," harap Eka. Jordan 


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...