Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Harapan Terakhir Dipundak Novendra

Jumat, 12 Mei 2023

Share this history on :

Pecatur putra nomor dua Indonesia GM Novendra Priasmoro (2.504) menjadi satu-satunya harapan tuan rumah untuk persaingan tiket kearena Piala Dunia Catur 2023 setelah memainkan partai babak 8 Kejuaraan Catur Zona 3.3 Asia di Hotel Century Park, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Dari empat pecatur unggulan Indonesia, Novendra menjadi yang paling konsisten dengan empat kali menang, tiga remis, dan sekali kalah dari delapan babak yang telah dijalani.

Pada babak kedelapan, Novendra bermain remis melawan pecatur Mongolia, GM Sumiya Bilguun (2.474). Menghadapi Bilguun, Novendra yang memainkan buah putih mengawali laga dengan pembukaan Sisilia Alapin.

Pecatur berusia 23 tahun ini mampu memegang kendali permainan. Ia bahkan sempat berpeluang memetik kemenangan.

Pada langkah ke-23, misalnya, Sumiya melakukan kesalahan dengan menggeser benteng hitam ke c8, yang membuat pion Novendra menjadi lebih aktif. Peluang itu gagal dimanfaatkan Novendra karena dia miskalkulasi dengan memindahkan benteng putih ke c3.

Novendra juga memindahkan raja putih ke c3 alih-alih ke c4 pada langkah ke-39. Padahal, pelatihnya, GM Andrei Vasilyevich Kovalev, menilai, Novendra seharusnya menggerakkan raja putih ke c4. Namun, Novendra merasa takut karena dengan posisi itu tidak bisa memukul pion hitam a6.

“Sebenarnya peluang untuk menang besar kalau tidak terburu-buru. Saya juga banyak pertimbangan dan terlalu hati-hati tadi mainnya. Mudah-mudahan besok menang. Saya siapkan mental saja karena besok pasti tegang,” ucap Novendra.

Novendra Priasmoro usai babak 8 turnamen yang didukung Pertamina ini sementara menduduki peringkat ketiga dari 35 peserta kategori putra. mengumpulkan 5,5 poin, selisih satu poin dari pecatur peringkat pertama asal Mongolia, GM Sumiya Bilguun (2.474).

Pecatur asal DKI Jakarta itu jika berhasil meraih kemenangan pada satu laga tersisa babak 9 Jumat (12/5/2023) memiliki kans peringkat dua besar atau meraih satu dari dua tiket yang tersedia untuk lolos ke Piala Dunia Catur 2023.

“Novendra paling berpeluang untuk lolos ke Piala Dunia 2023. Namun, selain harus menang pada babak terakhir, kepastian lolosnya sangat tergantung dari partai lain, terutama yang dijalani dua pesaingnya yang berada di peringkat pertama dan kedua yakni Sumiya Bilguun dan GM Tuan Min Le dari Vietnam,” ungkao Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia, PB Percasi Kristianus Liem.

Kristianus Liem menambahkan, Novendra paling berpeluang untuk lolos ke Piala Dunia 2023. Namun, selain harus menang pada babak terakhir, kepastian lolosnya sangat tergantung dari partai lain, terutama yang dijalani peringkat pertama dan kedua.

Disamping Novendra, Indonesia menurunkan satu unggulan lain di kategori terbuka, yaitu pecatur nomor satu GM Susanto Megaranto (2.532). namun disayankani, Susanto terlempar dari lima besar klasemen.

Susanto kini berada di peringkat ke-6 dengan raihan lima poin hasil tiga kali menang, empat remis, dan sekali kalah dalam delapan babak.

Pada babak delapan, Susanto bermain remis melawan sesama wakil Indonesia, FM Aditya Bagus Arfan (2.408). Meski sempat unggul saat pembukaan, Susanto sebenarnya nyaris kalah dari Aditya.

Aditya sukses membalikkan keadaan saat tengah permainan. Beruntung bagi Susanto, Aditya tidak berani mengambil risiko.

Menuju akhir pertandingan, khususnya langkah ke-49, Aditya seharusnya melakukan manuver gajah hitam ke b5 agar dapat mengancam menteri putih dan mendapatkan pion bebas.

Namun, pecatur kelahiran 2006 itu justru terus membolak-balikkan raja hitam hingga permainan berakhir remis.

Bagi Susanto, hasil itu menutup peluangnya untuk lolos ke Piala Dunia. Meski begitu, dia tetap akan berusaha meraih kemenangan dalam laga terakhir.

Adapun Aditya dapat menjadi tumpuan lain untuk membuka jalan bagi Novendra lolos ke Piala Dunia. Aditya akan menghadapi Sumiya pada babak terakhir.

Sedangkan Novendra akan bertemu pecatur Mongolia lainnya , GM Dambasuren Batsuen (2.525). Sementara itu, Susanto akan jumpa GM Van Huy Nguyen (2.342) dari Vietnam.

Sementara pada kategori putri, peluang dua unggulan Indonesia lolos ke Piala Dunia 2023 bisa dibilang tertutup. Selain karena tiket lolos ke Piala Dunia hanya diberikan untuk juara, pecatur Indonesia juga tertinggal di perolehan klasemen sementara.

Unggulan kedua kejuaraan, IM Irene Kharisma Sukanandar (2.390) usai memainkan babak 8 menempati peringkat keempat dengan lima poin. Pemuncak klasemen WGM Thi Kim Phung Vo dari Vietnam (2.351), mengoleksi enam poin. Sementara unggulan ketiga, IM Medina Warda Aulia (2.369) malah terlempar ke posisi ke-12 dengan hanya mengantongi 4 poin.

Pada babak kedelapan, Irene takluk dari WGM Thi Bao Tram Hoang (2.277) dari Vietnam dalam pertandingan yang berlangsung sekitar lima jam. Adapun Medina bermain remis melawan WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite (2.266) hanya dalam waktu kurang dari 20 menit.

Dengan masih memainkan partai akhir babak 9 pada Kejuaraan Catur Zona 3.3 Asia, Ketua Umum PB Percasi Grand Master Utut Adianto meminta semua pecatur Indonesia menampilkan yang terbaik.

Khusus mengejar peluang ke Piala Dunia 2023 di Baku, Azerbaijan pada Juli-Agustus 2023 yakni satu dibagian putra yang menyediakan dua tiket Piala Dunia Catur edisi tahun 2023 ini .

Terselenggaranya event ini berkat dukungan dari berbagai pihak dan sponsor. Salah satunya adalah PT. Pertamina. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...