Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Membludak Peserta Pawrents Saat Edukasi Komunitas SSC Dan KMHI

Senin, 22 Mei 2023

Share this history on :


Anjing telah hidup dengan manusia lebih dari 12.000 tahun. Anjing berevolusi dari grey wolf menjadi 400 ras yang berbeda. Apapun rasnya mereka mempunyai karakteristik tertentu, mempunyai insting dan hirarki di dalam kawanannya. Dan mereka adalah kawanan yang mencari pack leader. 

Banyak pawrents memelihara doggy namun belum memahami prilaku doggynya. Banyak pawrents bertanya Dominance, Alpha, dan Pack Leadership. Apa arti sebenarnya?

Nah, semua pertanyaan itu terjawab di acara edukasi “How To Deal with Alpha Dog“ dengan pembicara Aris Aprila S.Ikom, dog trainer profesional dan pemilik AK9 Dog Training dari Bandung di hunian apartemen yang pets friendly, EleVee Penthouse & Residence Alam Sutera, Tangerang, Minggu (21/5). 

Acara edukasi ini diselenggarakan oleh Komunitas Samoyed Social Club/SSC dan dihadir pula Komunitas Malamute Husky Indonesia/KMHI, Golden Retriever Indonesia (GRI) dan Komunitas Pomerian. 

Dalam acara ini berkumpul lebih dari 80 anjing dengan berbagai jenis, seperti samoyed, husky, malamute, pomeranian dan lain sebagainya, serta pemilik anjing atau pecinta anjing. 

"Acara ini mempunyai tujuan yaitu mengedukasi para pemilik anjing sekaligus praktek handle anjing-anjing yang mempunyai jiwa Alpha di rumah, karena kita sadari bahwa di Indonesia anjing masih menjadi hal yang menyeramkan," terang Johannes, pendiri komunitas SSC.

Diakui Johannes, tidak sedikit kasus tentang anjing yang suka menyerang manusia atau hewan lain kucing, ayam dan lain sebagainya. 

"Padahal sebenarnya tidak seperti itu. Tidak semua 100% salah anjing, karena semua anjing dapat ditraining," jelasnya. 


Sementara Aris Aprila, menyampaikan kepada lebih dari 150 peserta, bahwa meskipun  memiliki anjing yang dominan secara alami, tetapi pemilik tidak boleh menerima perilaku dominan. Kenapa? Karena saat itulah pertempuran dimulai.

"The alpha should be you. Metode yang sebaiknya digunakan adalah metode yang positif, di mana anjing diberikan motivasi dan reward untuk berlatih, dan tidak ada paksaan didalamnya," ujar Imbuh Aris, pemilik Ak9 Dog Training yang telah berdiri sejak tahun 2005, dan memiliki cabang di Jakarta Selatan. 

Salah satu peserta, Helmy, pemilik Harvey, salah satu pemilik anjing jenis samoyed menambahkan, "Dari acara edukasi ini, pemilik anjing pun bisa ikut serta belajar dan berlatih, karena yang terpenting adalah kita sebagai pawrent yang mengerti cara mendidik dan memperlakukan mereka dengan baik dan benar," ujarnya.

Salah satu fungsi adanya pelatihan anjing, lanjutnya, adalah untuk menjembatani interaksi antara anjing dan manusia agar lebih harmonis.

Hal senada disampaikan Arghia, pengurus SSC dan sekaligus bertindak sebagai pemandu acara.

Menurutnya, diskusi seputar pemeliharaan anjing, menjaga kesehatannya, menempatkan anjing sebagai teman kesehariannya hingga bagaimana anjing juga bisa bermain dan bersosialisasi tanpa di challenge pemiliknya.

"Anjing juga akan mengenali siapa teman yang bisa diajak bermain dan siapa teman yang tidak bisa di ajak bermain. Hal itu di kupas tuntas oleh Owner AK9 Dog Training asal Bandung," tutupnya. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...