Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Jateng Kirim 18 Atlet di Kejurnas Wismoyo Cup

Selasa, 06 September 2011

Share this history on :

PENGPROV Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jawa Tengah memastikan akan mengirim 18 atlet untuk berlaga di Kejurnas Wismoyo Cup Jakarta yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 23 hingga 25 September.

18 atlet tersebut, terdiri dari delapan atlet randori (tarung) putra, delapan atlet randori putri dan dua atlet seni putri. Disampaikan Ketua PJSI Jateng Suryo Agung Nusantara ketika dihubungi di Semarang hari ini, di Kejurnas terakhir itu pihaknya menargetkan agar seluruh atlet senior yang dikirim bisa berprestasi.

Setidaknya bisa masuk delapan besar di masing-masing kelas. "Harapannya, seluruh atlet bisa menambah perolehan poin untuk bisa lolos di PON XVIII Riau nanti," tegasnya.

Cabang judo memang tidak ada babak kualifikasi untuk memastikan lolos ke PON. Sistem seleksi yang dilakukan adalah dengan pengumpulan kredit poin atlet setiap mengikuti kejuaraan, baik di tingkat yunior maupun senior.

"Dalam setahun ada tiga kejuaraan yang bisa digunakan untuk mengumpulkan poin. Kejurnas Senior yang dilaksanakan awal tahun lalu, Kejurnas Kartika Cup pertengahan tahun, dan terakhir Kejurnas Wismoyo Aris Munandar Cup di Jakarta. Di event terakhir ini kami berupaya untuk meloloskan atlet sebanyak-banyaknya dengan mendulang banyak poin," tegas dia.

Saat ini atlet yang disiapkan mengikuti kejurnas telah dipersiapkan dengan baik. Karena belum ada kepastian siapa-siapa atlet yang dinyatakan lolos oleh PB PJSI, maka pengurus Pengprov PJSI Jateng berharap kepada seluruh atlet untuk bisa meraih medali di Kejurnas tersebut. "Tujuannya, agar kredit poinnya bisa terkatrol," papar Suryo Agung Nusantara.

Saat ini, Jateng juga menempatkan dua pejudonya di pelatnas yang dipersiapkan tampil pada SEA Games XXVI di Sumatera Selatan dan DKI Jakarta, 11-22 November 2011. Dua pejudo tersebut adalah Kresna Bayu (kelas -100 kilogram) dan Desi Yudianti (kelas -78 kilogram). Menurut dia, Desi saat ini sedang menjalani uji coba ke Korea Selatan.

Sementara Yuswo Supatmo, anggota Binpres PJSI Jateng ketika ditemui belum lama ini mengatakan, ada enam atlet yang berpeluang besar lolos ke PON 2012. Karena hingga saat ini keenam atlet milik Jateng masih berada di peringkat atas perolehan akumulasi poin, hasil mengikuti beberapa kejuaraan.

Keenam pejudo Jateng yang posisinya sementara aman adalah Kresna Bayu, Desi Yudianti, Ari Purnawan, Endang Sri Lestari, Chistian Hadi, dan Vera Saraswati. "Namun belum ada pengumuman resmi dari PB. Di Kejurnas Wismoyo Cup, Jateng akan turun full tim, dengan memberangkatkan 18 atlet. Mereka tetap harus berprestasi supaya posisi mereka benar-benar aman," katanya. Smc/Tulus
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...