Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Zapin Star Berjaya di Piala Tiga Mahkota Seri II-Madura Derby 2012

Jumat, 18 Mei 2012

Share this history on :

MELALUI pertarungan adu kecepatan, akhirnya Kuda Zapin Star dari Riau menjuarai Kelas 3 Tahun Derby jarak 1.600 meter pada Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota Seri II-Madura Derby 2012 di Lintasan Pacuan Kuda Pulo Mas Jakarta Timur, Minggu, (13/5), lalu. Zapin Star yang ditunggangi joki T Firmansyah dan bernaung di bawah bendera Lancang Kuning Stable ini mengungguli 8 ekor kuda lainnya.

Sebagai juara, kuda jantan dengan tinggi 1,53 cm ini memperoleh hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 50 juta. Posisi kedua di kelas ini direbut kuda King Arthur dari Kalsel kemudian diikuti King Of Gatan dari Jatim di posisi ketiga. Duel seru juga terjadi di Kelas 3 Tahun jarak 1.600 meter memperebutkan Piala BHM Stable. Dalam lomba yang memperebutkan hadiah uang Rp.20 juta ini, kuda asal Sumbar, Surya Nagari tampil sebagai juara.

Kuda milik Mario R Saleh Bahar ini mengungguli 10 ekor kuda lainnya. Namun Surya Nagari harus berjuang keras untuk merebut finis terdepan. Posisi kedua di kelas ini direbut kuda Fainna dari Maluku Utara kemudian disusul Inspilleta dari Kalsel di tempat ketiga. Sementara itu di kelas 3 Tahun Remaja jarak 1.400 meter diwarnai kejutan. Dalam lomba memperebutkan Piala Berkah Anugrah Stable ini, kuda asal Sumut, Mawang Merapi tampil sebagai juara. Posisi kedua ditempati Ratu Salam dari DI Yogyakarta kemudian diikuti kuda Little Minister dari Kalsel di tempat ketiga. Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota Seri II Madura Derby ini diikuti 125 ekor kuda dari berbagai daerah.

Ketua Komisi Pacuan PP Pordasi H. M. Munawir dan Wakil Sekertaris Noviardi Sikumbang menyatakan, kejuaraan Tiga Mahkota atau dikenal dengan Tripple Crown Series, “ atau juga sering disebut Champion Cup, dan berlangsung dua seri ini merupakan salah satu even pacuan kuda paling bergengsi di Indonesia.Seri I yang dikuti sebanyak 108 kuda digelar Sabtu (10/3) lalu.

Menurut Noviardi, ini juga merupakan salah satu perlombaan paling bergensi di dunia horse racing setelah Pacuan Derby. Perlombaan ini merupakan lomba individual bukan kontingen. Masing-masing kuda, sebutnya, akan membawa dirinya sendiri untuk berlomba pada tiga seri pertandingan dalam kelas yang sama. Jika seri I kelas derby bernama Taliabo Derby, sedangkan pada seri II ini bernama Madura Derby. Kejuaraan Madura Derby 2012 memperebutkan Piala 3 Mahkota Seri 2 dengan total hadiah Rp.250 juta. Pada Sabtu, (2/6) mendatang di tempat yang sama akan digelar Piala Kapolri Maluku Utara Derby. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...