Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

BBIT 2012, Bawa Misi Ganda

Selasa, 05 Juni 2012

Share this history on :

PERHELATAN Biznet Bali International Triathlon (BBIT) 2012, yang digelar di Jimbaran, Bali pada 24 Juni 2012 mendatang. Namun kali ini kemasannya sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini bukan hanya menampilkan perlombaan tiga cabang olahraga. Namun ada misi lain yang diemban, yakni peduli lingkungan. Perlombaan triathlon biasanya menampilkan jenis perlombaan yaitu lari, renang, dan balap sepeda. Demikian ditegaskan Andi Kusmanto, perwakilan dari Biznet kepada wartawan di Jakarta, Selasa (5/6).

Andi menyatakan bahwa salah satu yang kami berikan adalah pengetahuan tentang bagaimana mengurangi dampak sampah plastik. “Biasanya seusai melakukan olahraga lari, meminum menggunakan botol plastik, sebisa mungkin akan kami ganti botol plastik tersebut dengan botol yang terbuat dari kertas,” kata Andi.

Kegiatan Trithlon yang sudah diperkenalkan sejak 2007 di Indonesia. Namun di 2012 ini menampilkan beberapa konsep berbeda. Di antaranya dengan menambahkan misi peduli lingkungan. Diantaranya adalah menyediakan briefing tentang lingkungan hidup seperti membersihkan pantai bersama, dan juga mengurangi efek dari lomba terhadap lingkungan sekitarnya.

Biznet Bali International Triathlon 2012 akan mempertandingkan Olimpic distance yang mengajak peserta berenang sejauh 1.5 kilometer, menempuh jarak 40 kilometer bersepeda dan 10 kilometer lari yang akan memutari daerah Jimbaran, Bali. Sementara itu untuk cabang Sprint Distance Course akan mengajak peserta berenang sejauh 500 meter, menempuh 20 kilometer dalam bersepeda dan berlari sejauh 5 kilometer. Yang terakhir, adalah lomba lari yang diberi nama 5k Run dimana peserta hanya perlu berlari menempuh jarak 5 kilometer dan akan mengelilingi berbagai tempat di Jimbaran, Bali.

Perlombaan seperti triathlon ini, menurut Ricahrd Sam Bera memang sedikit mengalami kesulitan untuk berkembang di Indonesia. Sebab menurut mantan perenang andal Indonesia itu bahwa selain induk organisasinya belum masuk dalam wadah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Federasi Olahraga Reakreasi Masyrakat Indonesia (FORMI).

Sehingga masyrakat kurang mencinta olahraga yang telah popular di daratan Eropa dan Amerika.“Kegiatan triathlon ini, sebenarnya sangat menarik, namun masyrakat Indonesia kurang tertarik dengan gabungan tiga jenis cabang olahraga ini. Faktornya mungkin disebabkan kurangnya publikasi dan pengetahuan tentang triathlon," kata Richard kepada Olahragaonline. Jordan


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...