Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kata Beregu Putra Raih Perak

Selasa, 17 Juli 2012

Share this history on :

TIM kata beregu putra Indonesia merebut medali perak pada Kejuaraan Karate Asia (AKF) di Tashkent, Uzbekistan, kemarin. Namun, hasil itu tetap menjadi rekor terbaik tim kata beregu karena lolos ke final untuk kali pertama sejak penerapan sistem dua kontestan final pada Kejuaraan AKF 2011 Malaysia. Indonesia sebetulnya sangat berharap tim kata beregu putra yang diperkuat Faizal Zainuddin, Aswar, dan Fidelys Lolobua, mampu melengkapi perolehan medali emas yang ditorehkan Yulanda Asmuruf di nomor kumite -68 kg putri, Senin (16/7).

Namun, ternyata mereka harus puas dengan posisi runner-up setelah dikalahkan tim kata beregu putra Iran pada final kemarin. Pada babak pertama, Faizal dkk memang tampil gemilang dengan menundukkan tim kata beregu putra Vietnam. Begitu pun pada babak kedua, juara WKF Premier League 2011 Istanbul dan 2012 Jakarta ini mendominasi pertandingan melawan Korea Selatan. Sementara pada perebutan tiket final, mereka tampil sebagai yang terbaik dengan mengalahkan tim kata beregu Uni Emirat Arab. Sayangnya, pada momen penentu, Faizal terkendala stamina setelah tenaganya terkuras saat tampil pada nomor kata perseorangan putra.

Alhasil, dia sempat goyang saat menghadapi tim kuat Asia, Iran, yang diperkuat Ahad, Armin, dan Farzad. Dan, akibatnya, tim kata beregu putra harus puas di tempat kedua dengan meraih medali perak. ”Jika Faizal tidak goyang, mungkin hasilnya akan lain karena mereka sebetulnya tampil bagus. Namun, inilah pertandingan. Apalagi, Iran juga tampil bagus. Tapi, saya yakin, kekurangmaksimalan Faizal tak lepas karena kondisinya yang kurang fit. Dua hari jelang bertanding, dia sempat terserang demam. Apalagi, sebelum itu, dia juga tampil di nomor kata perseorangan,” ujar Pelatih Omita Olga Omita.

Namun Omita bangga terhadap para karatekanya. Sebab, mereka sudah mampu menorehkan prestasi besar di nomor kata beregu putra dengan menjadi finalis. ”Meski hanya perak, kami bangga dengan hasil itu. Ini bukti bahwa karate Indonesia makin maju dan diperhitungkan di level Asia,” tambah Manajer Tim Indonesisa Djafar Djantang. Yang jelas, dengan medali terakhir ini, Indonesia telah mengumpulkan 1 medali emas, 2 perak, dan 5 perunggu pada Kejuaraan Karate Asia A(KF) Senior dan Junior-Kadet 2012 di Uzbekistan ini. Tentunya, ini peningkatan luar biasa dari hasil kejuaraan Asia di Quangzhou, China, tahun lalu, yang hanya menorehkan delapan medali perunggu. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...