Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

KONI Fokus Bina Angkat Besi & Panahan

Jumat, 24 Agustus 2012

Share this history on :

PRESTASI angkat besi Indonesia memang sangat konsisten di ajang Olimpiade. Di mulai di Olompiade Sydney hingga Olimpiade London 2012 lalu. Angkat besi lah yang menyelamatkan Indonesia, dengan raihan 1 perak dan 1 perunggu. Demikian halnya dengan panahan. Cabor ini memang punya sejarah manis. Saat berlangsung Olimpiade Seol 1988 lalu. Trio Srikandi Indonesia berhasil mempersembahkan satu perak.

Presatsi itu lah membuat KONI Pusat akan memfokuskan pengembanganolahraga angkat besi dan panahan untuk bisa menyumbang emas pada Olimpiade empat tahun mendatang. "Selama ini kita fokus pada bulutangkis saja, itu berat, perlu pengembangan di cabang olahraga lain seperti angkat besi dan panahan untuk bisa berprestasi," kata Wakil Ketua I Bidang Sport Science dan Iptek Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Lilik Sudarwati di Jakarta, kemarin.

Mantan pebulutangkis nasional itu mengingatkan bahwa kedua cabang olahraga tersebut memiliki sejarah prestasi yang membanggakan Indonesia di pentas dunia. Untuk itu, kata Psikolog olahraga asal Jatim tersebut, bukan mustahil kedua cabang itu bisa melampaui prestasi bulutangkis dimasa mendatang. Menurut Lilik, KONI akan mengembangkan pengetahuan olahraga atau sport science pada kedua bidang olahraga itu untuk meningkatkan prestasi.

Dia mencontohkan dengan mengembangkan pendekatan psikologis dan mental kepada para atlet. "Tentu perlu langkah terobosan untuk mengembangkan kedua bidang ini," ujarnya. Lilik mengatakan jika diperlukan para atlet tersebut berlatih di luar negeri seperti China untuk mendapatkan pengalaman dan teman bertanding yang lebih berpengalaman. Langkah ini, menurut dia semata-mata untuk meningkatkan kualitas para atlet untuk lebih berprestasi. Dia mengatakan langkah ini memerlukan tenaga dan biaya yang besar, sehingga perlu dukungan semua pihak.

"Namun yang perlu dicermati bahwa semuanya harus berkomitmen, baik KONI, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama, bahwa olahraga bisa meningkatkan harkat dan martabat bangsa," katanya. Namun Lilik mengatakan langkah strategis itu perlu didukung dengan perilaku atlet yang harus serius berlatih dengan pola pikir untuk selalu juara. Selain itu, peran pelatih diharapkan bisa lebih optimal dalam mendampingi para atletnya dengan memberikan monitor secara rutin dan berkala. (Dan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...