Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

43 Pecatur Elit Tampil di IOCC 2012

Kamis, 11 Oktober 2012

Share this history on :
PAGELARAN Indonesia Open Chess Championship (IOCC) yang akan dihelat mulai 11-17 Oktober di Hotel Grand Sahid, Jakarta. Diharapkan akan menjadi ajang prestasi bagi para pecatur Indonesia. Terutama bagi pecatur wanita yang tergabung di The Dream Team Girls (TDTG).

The Dream Team Girls yang terdiri dari MIW Medina, MIW Chelsea Monica Sihite, dan MNW Dewi Citra adalh mereka yang berhasil meraih sukses pada Olimpiade Catur Agustus lalu. Dimana Indonesia berhasil masuk dalam 30 besar, tepatnya posisi 24 dunia. Bahkan MIW Medina berhasil meraih Norm Grand Master Wanita. Kendati saat itu Indonesia tanpa pecatur terbaiknya GMW Irene Kharisma Sukandar.

Di ajang IOCC ini Medna diharapkan kembali meraih Norm GMWnya untuk ketiga kali. Sehingga secara otomatis ia akan berhak atas gelar Grand Master Wanita (GMW), apabila ini terjadi Medina akan menjadi wanita kedua Indonesia yang menyandang gelar itu. Kendati untuk meraih gelar itu terbilang sulit pasalnya peserta yang tampil kali ini punya elo rating yang rata-rata di atas Medina. Namun peluang Medina masih terbuka, melihat dari konsistensi penampilannya mulai dari Olimpiade Catur Dunia dan Pekan Olahraga Nasional (PON) lalu.

Selain menurunkan TDTG Indonesia juga menampilkan GM Susanto Megaranto dan GMW Irene Kharisma Sukandar. Mereka akan bersaing dengan 25 pecatur bergelar Grand Master (GM).
"Pada event kedua ini terdapat 43 pecatur internasional yang ikut di kejuaraan ini, termasuk 27 yang bergelar GM yang memiliki elo rating di atas 2600," kata Wakil Ketua PB Percasi GM Utut Adianto. "Kehadiran mereka memastikan bahwa bobot turnamen Indonesia Open yang kedua ini sangat baik dan bermanfaat bagi pecatur Indonesia," katanya menambahkan.

"Kita berharap Medina tampil bagus di IOCC ini. Ia berpeluang meraih dua norma gelar untuk menjadi Grand Master Wanita (GMW). Namun perjalanannya diperkirakan agak berat jika melihat dari para peserta yang tampil," ujar Utut. Sudah dipastikan akan diramaikan pecatur asing seperti GM Ivan Sokolov asal Belanda, GM Li Chao B dari China, Tkachiev Vladislav dari Prancis. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...