Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

78 Tim Tampil di Kompetisi LIMA

Sabtu, 13 Oktober 2012

Share this history on :
SEKITAR 78 tim basket dari universitas di Pulau Jawa akan tampil pada kompetisi bola basket Liga Mahasiswa (Lima) mulai 19 Oktober ini. Yang akan diputar di empat wilayah, yakni Jagodetabek , Jabar, Jateng-Yogyakarta, dan Jatim. Juara dari masing-masing wilayah akan tampil di babak grand final di Jakarta pada Februari 2013 mendatang.

Demikian ditegaskan Chief Executive Officer LIMA, Ryan Gozali kepada wartawan di Jakarta, kemarin. Menurut Ryan, para pemenang di tiap wilayah mendapat hadiah Rp 7,5 juta. Juara grand final berhak atas hadiah uang sebesar Rp 30 juta. Pemenang kedua dan ketiga mendapat masing-masing Rp 15 juta dan Rp 7,5 juta. “Kami ingin kompetisi ini menjadi talent pool untuk olahraga basket nasional,” kata Ryan di Jakarta, Jumat (12/10). Ia menambahkan bahwa terdapat 900 pemain yang akan mengikuti kompetisi bola basket liga mahasiswa itu. Kemampuan mereka diharapkan dapat terasah dengan baik sehingga dapat direkrut untuk tim nasional.

Selain kompetisi di empat wilayah tersebut, "Lima Bolabasket" juga akan menggelar kompetisi bagi universitas di luar Pulau Jawa. Yang dikenal dengan sebutan Wilayah Nusantara (Nusantara Conference). Mereka akan bertanding selama seminggu penuh di Jakarta pada Februari 2013 mendatang. Juara kompetisi Wilayah Nusantara ini juga berkesempatan mengikuti grand final bersama pemenang-pemenang dari wilayah Pulau Jawa.

Lima merupakan lembaga kompetisi multicabang olahraga mahasiswa yang dibentuk Maret 2012 lalu. Menurut Ryan, Lima dibentuk karena keprihatinan pada buruknya prestasi olahraga Indonesia di dunia. ”Pertanyaan terbesar saya adalah dengan jumlah penduduk 240 juta mengapa olahraga Indonesia kurang berkembang?” ujarnya. Ia yakin kompetisi yang kondusif bisa menjadi sarana meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Pada kompetisi nanti pihaknya akan mendokumentasikan pertandingan dan membuat statistik pemain sehingga tersedia basis data pemain. Dengan adanya "Lima Bolabasket", Ryan menyatakan Liga Bola Basket Mahasiswa Nasional (Libamanas) tidak akan ada lagi. ”Jadi, secara struktur, kami menyerap Libamanas,”kata dia.

"Pembentukan Lima meniru konsep NCAA atau Asosiasi Olahraga Antarkampus Nasional di AS. NCAA mengatur seluruh olahraga kemahasiswaan di Amerika Serikat. Keolahragaan mahasiswa ini akan menjadi tempat untuk menjaring pemain berbakat. Konsep peserta dalam kompetisi ini adalah student athlete. atau mahasiswa yang berolahraga. Kecerdasan merupakan satu di antara faktor penting dalam prestasi olahraga. Karena itu, panitia Lima Bolabasket mensyaratkan indeks prestasi kumulatif pesertanya minimal 2.00," tandas Ryan. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...