Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Percasi Kembali Gelar IOCC

Kamis, 04 Oktober 2012

Share this history on :
KEJUARAAN

catur berskala internasional dengan tajuk Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2012 , kembali digelar PB Percasi. Rencananya akan berlangsung pada 10-17 Oktober mendatang. Ini adalah pagelaran kedua setelah pada pergelaran tahun 2011 lalu berlangsung dengan sukses.

Ketua Umum PB.Percasi, Hashim Djojohadikusumo menyatakan bahwa pembinaan yang konsisten dan kesempatan berhadapan dengan pecatur-pecatur kelas dunia terbukti memberi pengaruh yang besar untuk memotivasi para atlet berprestasi. "Ini sudah terbukti para pecatur wanita Indonesia yang berlaga di ajang Olimpiade Catur pada Agustus lalu. Tim Catur Putri Indonesia berhasil menembus 30 besar, tepatnya berada di 24 dunia. Walau tanpa diperkuat pecatur terbaik Indonesia GMW Irene Kharisma Sukandar,” kata Hasyim kepada wartawan di Jakarta, Kamis (4/10).

Hasyim menambahkan dengan seringnya para pecatur Indonesia mengikuti kejuaraan berskala internasional sangat besar manfaatnya. Selain dapat menambah jam terbang, dengan menjajal pecatur yang berkualitas. Yang pada akhirnya pecatur Indonesia memperoleh peningkatan elo rating yang cukup bagus. Dan melahirkan prestasi yang membanggakan. Dalam OCC yang kedua ini akan diikuti oleh sekitar 100 pecatur terbaik dari dalam dan luar negeri.

Sudah dipastikan Juara bertahan GM Li Chao dari Cina serta runner-up GM Surya Ganguly dari India juga sudah memastikan diri hadir di Jakarta. Pecatur dengan elo rating tertinggi yang akan hadir di event ini adalah GM Ivan Sokolov dengan tingkat elo rating 2696. Para pecatur yang akan tampil di event ini memiliki elo rating dengan rentang dari 2300 sampai 2600. Menurut Ketua Panpel Vigner Sinaga bahwa IOCC kali ini kualitasnya lebih meningkat dari segi peserta yang tampil. "Para pecatur yang tampil memiliki elo rating rata-rata di atas 2600-an. Sehingga mutu permainan sangat menarik dan pastinya pertarungan akan berlangsung ketat," tegas Vigner.

Selain jumlah peserta, hadiah IOCC tahun ini meningkat. Pada 2011 lalu total hadiah sebesar 50.500 Dollar AS (sekitar Rp 482,780,000). Tahun ini, total hadiah meningkat hingga 55.000 Dollar AS (sekitar Rp 525,800,000). Pertandingan turnamen menggunakan sistem Swiss sembilan babak. Dengan sifat open atau terbuka, pecatur putra dan putri baik senior maupun yunior saling berhadapan berdasarkan hasil pairing. PB Percasi tetap mengelompokan pemenang berdasarkan jenis kelamin dan usia. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...