Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

BOPI Resmikan UTI Pro

Selasa, 06 November 2012

Share this history on :
BADAN Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) secara resmi mengukuhkan eksistensi UTI Pro sebagai satu-satunya wadah olahraga taekwondo profesional di Indonesia di Jakarta, Minggu (4/11). BOPI juga melantik kepengurusan UTI Pro Pusat yang dipimpin oleh Ketua Umum Ngatino. Dengan pengukuhkan dan pelantikan itu maka resmi dan sah sudah keberadaan UTI PRO (Universal Taekwondo Indonesia Profesional) untuk mengelola, mengembangkan dan membina taekwondo di Tanah Air untuk jalur profesional bersama dengan TI (Taekwondo Indonesia) di tanah amatir.

Kini UTI Pro menurut Ketua PLT Haryo Yuniarto bahwa keberadaanya dilindungi oleh Undang Undang Sistem Keolahragaan Nasional Nomor 3 Tahun 2005. Jadi tidak boleh ada yang menghalang-halangi aktivitas Anda untuk memajukan dan mengangkat perkembangan dan prestasi taekwondo profesional. Haryo menambahkan, pendirian UTI Pro itu tidak muncul begitu saja namun harus melalui jalan yang berliku. BOPI juga melakukan validasi dan verifikasi sebelum menyetujui pendaftaran UTI Pro dan mengukuhkan keberadaannya serta melantik kepengurusannya. Disebutkan, UTI Pro telah terdaftar sebagai anggota BOPI melalui surat nomor 018/BOPI/X/2012. UTI Pro tercatat sebagai anggota BOPI yang kesebelas.

“UTI Pro sudah berbentuk badan hukum, memiliki kepengurusan dan terbentuk di 33 provinsi. Jadi sudah memenuhi persyaratan secara legal. Pendirian UTI Pro selain penuh liku juga unik karena Indonesia merupakan pelopor taekwondo profesional,” kata Haryo. Kedepan, UTI Pro bisa berperan aktif membina atlet-atlet Indonesia sehingga bisa menjadi sumber lahir-lahirnya putra-putri terbaik untuk membela bangsa dan negara. Atlet UTI Pro mempunyai hak untuk membela negara sepanjang berprestasi bagus.

“Nanti yang terpilih memperkuat Indonesia akan benar-benar atlet yang terbaik. Ini bisa berasal dari berbagai sumber termasuk salah satunya dari UTI Pro,” tutur Haryo. Dia berjanji akan terus mengawal keberadaan dan kiprah UTI Pro. Untuk itu Haryo meminta agar dalam enam bulan ini UTI Pro bisa memberi warna baru pada dunia taekwondo Indonesia. Kemudian dalam setahun sudah bisa menggelorakan taekwondo profesional ke seluruh pelosok Indonesia dan dunia. UTI Pro merupakan kelanjutan dari Yayasan Universal Taekwondo Indonesia (YUTI) yang selama ini aktif membina taekwondoin-taekwondoin andalan Indonesia dan menggelar kejuaraan di seluruh Indonesia serta aktif mengikuti kegiatan internasional.

Pendiri YUTI, Grand Masters Lioe Nam Khiong menjadi pendiri dari UTI Pro duduk sebagai pembina. “Tidak ada kepentingan apa-apa kecuali untuk memajukan taekwondo Indonesia dan semua ini demi kejayaan Indonesia,” ujar Lioe Nam Khiong. Sementara itu Ketua Umum UTI Pro, Ngatino menyatakan, semua pengurus dan seluruh jajaran UTI Pro bisa menjaga kesatuan dan persatuan dengan menghindari perpecahan. Semua diharapkan berjalan sesuai dengan aturan yang jelas dan berbuat untuk kepentingan Merah Putih. Dalam acara pengukuhan dan pelantikan yang berlangsung di markas YUTI, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, hadir tamu-tamu penting dari luar negeri. Mereka bahkan merestui dan memuji kiprah YUTI serta langkah Lioe Nam Khiong membidani kelahiran UTI Pro. Para tamu itu berasal dari Korea Selatan, Malaysia, Singapura dan Thailand. (Jordan)



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...