Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

PT LI Kembali Gelar Inter Island 2012

Kamis, 15 November 2012

Share this history on :
AKHIRNYA, PT Liga Indonesia memutuskan untuk menggelar turnamen resmi pra musim Inter Island Cup (IIC) 2012 akan mulai digelar 1 Desember 2012. Kejuaraan yang akan diikuti 16 tim yang dibagi menjadi empat grup itu akan dihelat di 4 kota yakni Palembang, Bandung, Malang, dan Samarinda. Demikian ditegaskan CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono kepada wartawan di Kantor PT Liga Indonesia, Rabu (14/11) mengatakan, pihaknya telah merencanakan dengan matang gelaran IIC 2012 selama dua bulan terakhir. Dari persiapan itu diputuskan bahwa kick off akan dilakukan pada 1 Desember dan diakhiri babak final, 22 Desember.

“Semua ini sudah kami rencanakan sejak awal, agenda IIC 2012 tetap akan kami gelar dan semuanya mengacu dengan jadwal kompeisi Indonesia Super League (ISL), agenda AFC, serta FIFA agar tidak bertabrakan. Yang pasti, ini adalah gelaran IIC yang ketiga,” ujar Joko Driyono didampingi Manajer IT dan Komunikasi PT Liga Indonesia, Azwan Karim. Joko menambahkan , sesuai misi digelarnya IIC, diharapkan IIC 2012 akan menjadi ajang pra season yang baik buat tim untuk persiapan sebelum tampil di Indonesia Super League (ISL) 2013 yang akan bergulir 5 Januari 2013.

“Event Turnamen IIC 2012 ini akan menjadi ajang paling pas buag seluruh klub ISL untuk mencoba kemampuannya sebelum terjun di ISL. Tidak hanya itu, gengsi dan prestise turnamen ini juga akan menjadi nilai jual tersendiri karena mereka akan membela kehormatan masing-masing pulau tempat domisili mereka,” katanya. Untuk tahun ini, PT Liga menerima pendaftaran 19 klub, tetapi kemudian Persiwa Wamena dan Pelita Bandung Raya menarik diri karena alasan belum siap. Sementara dua klub lainnya yaitu Semen Padang dan Persijap Jepara, dalam rapat Exco di Surabaya diputuskan peserta IIC 2012 hanya akan diikuti peserta definitif.

Sementara Semen Padang dan Persijap Jepara keikutsertaan resmi di ISL masih menunggu keputusan Kongres, sehingga mereka dianggap belum definitif. Berdasarkan hasil rapat Exco itu, kami pun tidak memasukkan kedua tim itu. Ia menambahkan, untuk IIC 2012 ada sedikit perubahan format. Kalau sebelumnya digelar di 4 kota dengan masing-masing tiga peserta dengan total diikuti 12 tim dengan sistem trofeo. Tetapi untuk tahun ini digelar di empat kota dengan masing-masing empat tim.

Penyisihan mulai berlangsung padat 1-2 Desember. Dilanjutkan babak semifinal, 15 dan 16 Desember, sedangkan final, 22 Desember. Kami akan segera secepatnya mengumumkan tempat digelarnya semifinal dan final. Adapun hasil drawing yakni Grup A (Palembang) akan diisi Sriwijaya FC, Persija Jakarta, PSPS Pekanbaru, Persita Tangerang. Grup B (Bandung) terdiri dari Persib Bandung, Persidafon Dafonsoro, Gresik United, Persepam Madura United. Grup C (Malang) diisi Arema Indonesia, Persipura Jayapura, Persela Lamongan, dan Persiram Raja Ampat. Grup D (Samarinda) diikuti Persisam Putra Samarinda, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, dan Barito Putra.

Sementara untuk hadiah, juara IIC 2012 akan mendapat piala, medali, dan uang tunai Rp 150 juta. Runner up mendapat piala, medali, dan Rp75 juta. Top Skor akan mendapat sepatu emas dan Rp 10 juta, sedangkan best player mendapat bola emas dan Rp 10 juta. Menurut rencana, IIC 2012 akan ditayangkan secara langsung di dua stasiun televisi, Antv dan TV One. (Jordan)



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...