Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

5 Keputusan Kongres PSSI di Jakarta

Selasa, 11 Desember 2012

Share this history on :
KONGRES PSSI yang dilaksanakan di Palangkaraya yang tak mendapat restu dari Pemerintah dalam hal ini, Kantor Kemenpora. Bahkan Kongres di Palangkaraya itu hanya berdurasi 30 menit dan digelar di Lobby Hotel, akibat tak mendapat ijin dari pihak kepolisian setempat. Hal ini membuat KPSI Pimpinan La Nyalla bergerak cepat, menggelar Kongres PSSI yang dilaksanakan di Hotel Sultan di Jakarta pada Senin (10/12).

Pelaksanaan Kongres di Jakarta diadakan sebagai jawaban sikap keras kubu Djohar Arifin yang tidak mengindahkan MoU yang telah ditandatangani bersama di Kuala Lumpur, Malaysia Juni lalu. Acara ini dipimpin oleh La Nyalla ini, dihadiri oleh 83 pemilih sah dari total 101 voters hasil KLB Solo, dengan rincian 27 Pengurus Provinsi, 12 dari ISL, 13 dari Divisi Utama, 12 dari Divisi I, 11 dari Divisi II dan 8 dari Divisi III. Dalm kongres itu dihadiri anggota Join Commitee seperti Djamal Aziz, Joko Driono, Hinca Panjaitan dan Togar Manahan Nero. Dan peserta menyepakati lima poin keputusan kongres.

Pertama, mengusulkan kepada FIFA untuk merevisi Statuta PSSI Pasal 19 soal cakupan wilayah klub yang masuk dalam keanggotaan, Pasal 23 soal klub yang berhak jadi peserta kongres, Pasal 30 soal tenggat waktu penyelenggaraan Kongres Biasa dan batas minimal anggota peserta KLB, Pasal 35 soal tambahan wakil ketua umum, serta Pasal 65, 66, dan 69 yang membahas masing-masing tentang Komisi Disiplin, Komisi Banding, dan Arbitrase.

Kedua, menyetujui konsep Liga Baru untuk dijalankan pada tahun 2015. Exco PSSI menjadi pelaksana untuk menjalankan proses transisi termasuk membentuk task force terkait masalah Liga Baru. Ketiga, merekomendasikan kepada Exco PSSI untuk mengusulkan kepada FIFA untuk mengesahkan hasil KLB Ancol, yang berlangsung 18 Maret 2012.

Keempat, memasang target kepada Timnas senior Indonesia, minimal ke posisi 129 dunia. Kelima, mengambilalih tanggung jawab hukum dan finansial sebagai bentuk tanggung jawab yang dijalankan Komite Eksekutif PSSI yang terpilih sejak KLB 9 Juli 2011 di Solo serta menjalankan roda organisasi dengan berkantor di Kantor PSSI Pintu x dan Pintu XI Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Jordan)



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...