Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

EFI Gelar Latihan Bersama Atlet Pelatnas SEA Games

Minggu, 17 Februari 2013

Share this history on :
DEMI menggejar target untuk kembali mempertahankan prestasi sebagai juara umum di cabang berkuda khususnya nomor ketangkasan (Equestrian). Equestrian Federation of Indonesia (EFI) memulai Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games 2013 di Adria Pratama Mulya (APM) Boarding School Stables, Tigaraksa, Tangerang, Sabtu-Minggu (16-17/2/). Yang disaksikan secara langsung oleh Ketum KOI Rita Subowo. Menurut Wakil Ketua Umum EFI Triwaty Marciano bahwa untuk mempertahankan gelar juara sangat berat. Sebab salah satu faktornya adalah kuda tunggangan tuan rumah yang menyediakan.

“Kami harus bekerja keras, kami melakukan latihan perdana dan lebih awal karena para atlet menjadi terbiasa berlatih dalam satu tim. Apalagi kita akan melakukan persiapan lebih tinggi dari sasaran di SEA Games mendatang. Yang pasti, kita akan prioritaskan atlet yang sudah mempunyai rangking, tetapi tidak menutup kemungkinan atlet lain,” kata Triwaty. Ia berharap, para atlet bisa benar-benar memanfaatkan Pelatnas ini untuk meningkatkan kemampuan mereka. “Tugas atlet adalah berlatih dan berlatih, sementara untuk masalah biaya saya pastikan tidak ada masalah. Meski dana dari pemerintah belum turun, tetapi kami telah menggalang dana bantuan dari para pemilik kuda dan beberapa sponsor lainnya,” kata istri dari Kepala BIN Letjen TNI Marciano Norman ini, pada saat bersamaan merayakan HUTnya .

Triwanty optimis target mempertahankan mahkota juara umum bisa tercapai. Apalagi para atlet yang terpilih dalam Pelatnas ini adalah para atlet terbaik di Indonesia saat ini. “Mereka diseleksi secara ketat dan bertahap. Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan di SEA Games nanti, kita mampu kembali berjaya. Kendati demikian, saya juga tidak memandang remeh kekuatan lawan. Apalagi adanya kendala kuda yang dipakai. Namun kita tetap harus yakin dan optimis,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Manajer Pelatnas Prasetiono Sumiskum bahwa sesuai dengan rekomendasi yang kami terima dari KONI pada November 2012 kami terus melakukan pembinaan, termasuk mempersiapkan atlet kita ke SEA Games 2013. Saat ini kita sudah memanggil sebanyak 22 atlet, selanjutnya mereka akan mengikuti seleksi pertama pada Maret mendatang di Parompong, Lembang, Jawa Barat. Kita rencanakan pada November mendatang yang merupakan seleksi akhir, kita sudah mendapatkan 70 persen atau sekitar 5 rider (penunggang),” jelas Prasetyono.

“Di SEA Games 2013 Myanmar ada tiga nomor disiplin yang akan dipertandingkan yaitu endurance, jumping dan dressage. Kita berharap bisa mempertahankan prestasi yang kita raih pada SEA Games 2012, dimana kita berhasil menjadi juara umum equestrian dengan meraih 3 emas, 1 perak dan 2 perunggu,” imbuhnya. Selain persiapan ke SEA Games, lanjut Prasetyono, EFI juga tengah fokus mempersiapkan tiga penunggang yakni Marco Momuat, Adam Firdaus dan Rico yang akan berlomba di FEI International Show Jumping Borrow Horses, 20-22 Februari di Thailand dan April di Malaysia. Kedua kejuaraan ini merupakan ajang kualifikasi menuju Youth Olimpyc Games 2014 di Nanjing, China. (Jordan)





Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...