Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

KOI Tak Ingin Fungsinya Diambil Alih Oleh KONI

Sabtu, 09 Februari 2013

Share this history on :
AGENDA Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang digelar oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, yang rencananya akan digelar di Bandung (Jabar) pada 19/22 Februari mendatang. Disikapi sinis oleh KOI. Pihak KOI sangat mengkawatirkan jika dalam agenda itu, adanya agenda yang membahas masalah penyatuan kembali antara KONI dan KOI, yang nota bene KONI yang menjadi komando.

Menurut Sekjen KOI Timbul Thomas Lubis tindakan yang dilakukan KONI bertentangan dengan undang-undang serta titah International Olympic Committee (IOC). “IOC sudah mengatakan jika badan olahraga yang diakui adalah KOI. Jadi kalau digabung, itu adalah sebuah tindakan yang berkaitan dengan upaya menganggu indepedensi KOI,” ujar Timbul.

Dia mencontohkan India dan Argentina yang terkena suspend akibat konflik induk olahraga domestik. India bahkan sempat dihukum dua tahun tidak boleh berpartisipasi di even internasional. Jika itu terjadi, pembinaan yang selama ini dilakukan PB tentu bakal sia-sia. Karena itu, KOI tak ingin menghabiskan tenaga untuk menanggapi aksi yang dilakukan Ketum KONI Tono Suratman. “Kalau ingin menggabungkan KONI dan KOI, tentu harus lewat mekanisme. Salah satunya dengan perubahan Undang-undang,” imbuh Timbul

Hal senada diutarakan Haryo Yuniarto, Sports and Law KOI. Menurutnya, KOI bukanlah sebuah organisasi figur. Artinya, keberadaan KOI memang diatur dalam UU. Nah, jika indepedensi KOI diganggu, IOC selaku induk tentu bakal mengambil tindakan. Salah satu yang paling berat ialah menjatuhkan sanksi.“Durasi sanksi sangat bergantung dengan jenis pelanggaran serta kemampuan untuk menyelesaikannya,” ucapnya.

Haryo mengusulkan, dari pada mengurusi penggabungan KONI dan KOI, pemberdayaan sport science dianggap lebih urgent untuk memajukan dunia olahraga Indonesia. “Pelaku utama olahraga kan atlet. Majukan saja atletnya. Tidak usah menghabiskan tenaga dengan hal-hal seperti ini,” tukas Haryo. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...