Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

EFI Sukses Gelar Kualifikasi Tahap Pertama

Rabu, 13 Maret 2013

Share this history on :
SELEKSI kualifikasi tahap pertama/Qualifier cabang olahraga (cabor) equestrian, berhasil dirampungkan Equestrian Federation of Indonesia (EFI), di Detasemen Kavaleri Berkuda (Dankavkud), TNI-AD, Parompong, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/3). Seleksi yang diikuti sebanyak 150 atlet dan 141 ekor kuda, mulai 9-12 Maret tersebut, bertujuan menjaring para atlet equestrian yang akan tampil diajang SEA Games 2013 di Myanmar.

Dalam ajang tersebut, terdapat tiga disiplin yang dipertandingkan, yaitu lompat rintangan (show jumping), tunggang serasi (dressage) dan ketahanan berkuda (endurance) baik individu maupun beregu. Dari disiplin dressage, Ferry Wahyu Hadianto dari Arthayasa Equinara berhasil menempati posisi pertama. Pada kualifikasi pertama, Ferry menggunakan kudanya, Equinara Vendredi. Sedangkan pada kualikasi kedua, para peserta menggunakan kuda pinjaman dari panitia pelaksana(borrowed horse).

Di bawah guyuran hujan yang tidak terlalu deras, Ferry dengan kuda Equinara Vendredi dan Aileen, bersaing penuh semangat dengan atlet-atlet lainnya. Turunnya kabut tebal yang menyelimuti Denkavkud TNI-AD, Parompong, membuat suasana pertandingan semakin menantang. Tak membuat halangan bagi Fery, dengan sigap ia berhasil menduduki urutan pertama.

Kemudian, diposisi kedua diisi Alvaro Menayang dari Gading Equestrian Team Kual dengan kudanya Autumn Spirit Kual dan kuda undian Orlando. Lalu, posisi ketiga diraih Valentino Lumentah dari Gading Equestrian Team Kual dengan kudanya Aileen Kual dan kuda undian Ocre. Dalam tahap kualifikasi, EFI langsung menerapkan aturan yang nantinya digunakan dalam SEA Games 2013. Yakni, para atlet tidak akan menggunakan kuda pribadi, namun langsung menggunakan borrowed horse dengan cara diundi. Tujuannya, membiasakan atlet dengan suasan pertandingan di Myanmar.

"Ini masih tahap pertama, masih ada enam tahapan lagi. Tujuannya, supaya EFI memperoleh kualitas atlet yang nantinya layak diturunkan dalam SEA Games 2013. Sebab, target kami yakni mempertahankan juara umum," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) EFI, Triwatty Marciano. Menurutnya kualifikasi berikutnya akan dibarengi penyelenggaraan JPEC Show dan APM Classic pada bulan April, FEI World Jumping Challenge pada bulan Juni, Cinta Indonesia Open (CIO) bulan Agustus, Menpora Cup bulan Agustus, FEI World Dressage Challenge, Oktober dan Gading Open pada November 2013.

"Untuk disiplin dressege dan show jumping akan digelar secara bergantian antara di JPEC Bogor dan APM Boarding School di Tiga Raksa, Tanggerang. Sedangkan endurance, tetap digelar di Parompong," katanya. Sementara itu, Ketua Satuan Pelaksana Tugas Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Surya Darma menegaskan posisi EFI adalah lembaga yang sah menggelar pemusatan latihan nasional equestrian. Sekaligus EFI lah yang berhak mengirim atlet dalam SEA Games 2013.

"Kami sudah pastikan, jika EFI yang berhak mengirimkan atlet, pelatih dan manajer dalam SEA games mendatang. Karena itu, kami akan berupaya cepat dalam mengeluarkan Surat Keterangan (SK)-nya," ucapnya. Namun ditegaskannya, belum keluarnya SK terkait pengiriman atlet, manager, dan pelatih, mengingat hal tersebut karena harus bersamaan dengan dana yang akan diberikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). "Tidak hanya SK untuk EFI, tetapi SK untuk 39 cabang olahraga (cabor) yang akan dipersiapkan untuk SEA Games nanti. Hal ini dikarenakan harus bersamaan dengan pemberian dana bagi tiap-tiap cabor dalam persiapan. Maka, kita harapkan semua bisa segera turun maksimal akhir bulan ini," tuturnya. (Jordan)
Berikut Hasil Kualifikasi SEA Games Tahap Pertama:
Disiplin Endurance 60 km: 1. Serda Jamhur Hatta dengan kuda Ambe (1:22:29). 2.Otto Satyawan Rachmad dari Anjani Club dengan kuda Oxytropis (1:21:26). 3.Pratu Iwan Saputra dengan kuda Mutiara (1:21:04)
Disiplin Show Jumping:
1.Andry Prasetyono dengan kuda ( kualifikasi 1) 3K Cassone dan ( kualifikasi 2) APM Lisa 1025 (132,50). 2.Jendry Palandeng dengan kuda (1) APM Lisa dan (2) Olanka (141,33). 3.Ferry Wahyu Hadianto dengan kuda (1) Equinara Giselle dan (2) Rocket (130,43)
Disiplin Dressage:
1.Ferry Wahyu Hadianto dari Arthayasa Equinara dengan kuda (kualifikasi 1) Equinara Vendredi dan (kualifikasi 2) kuda Aileen. 2.Alvaro Menayang dari Gading Equestrian Team Kual dengan kuda (kualifikasi 1) Autumn Spirit Kual dan (kualifikasi 2) kuda Orlando. 3.Valentino Lumentah dari Gading Equestrian Team Kual (kualifikasi 1) kuda Aileen Kual dan (kualifikasi 2) kuda Ocre.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...