Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Menpora:Janji Tertibkan Cabor Equestrian

Rabu, 13 Maret 2013

Share this history on :
MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo Notodiprojo berjanji akan menertertibkan dualisme yang masih melanda cabang olahraga (cabor) equestrian. Dengan demikian, dipastikan segera kemelut berakhir tersebut akan berakhir. Demikian janji menpora saat menyaksikan langsung kualifikasi tahap pertama/Qualifier pertama cabor equestrian, digelar di Detasemen Kavaleri Berkuda (Dankavkud), TNI-AD, Parompong, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/3) siang.

Roy mengatakan akan mengambil tindak tegas menangani dualisme tersebut dengan mengacu pada Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (UUSKN). Menutunya, langkah tersebut ditempuh karena Equestrian Federation Indonesia (EFI) kini telah menjadi anggota Komite Olahraga Nasional INdonesia (KONI). Hal tersebut, diperkuat adanya Surat Keputusan (SK) dari KONI untuk EFI sebagai cabor equestrian. Tidak hanya itu, EFI dipercaya untuk menggelar pemusatan latihan cabor equestrian. Jelang persiapan SEA Games 2013 di Myanmar.

"EFI sudah diterima oleh KONI, dan kini tengah melakukan seleksi atlet untuk SEA Games 2013. Hal tersebut, menunjukkan keseriusan EFI dalam melakukan pembinaan. Sehingga, tidak ada lagi kesalahpahaman para atlet dan pihak-pihak terkait lainnya," ucap Roy. Sebagai catatan, tidak hanya EFI yang sibuk mengurus cabor equestrian. Melainkan terdapat Equestrian Indonesia (Eqina) yang bernaung di bawah Pengurus Besar Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PB Pordasi)

Tidak ingin kalah dengan EFI, Eqina juga mempersipakan para atlet untuk tampil di SEA Games 2013. Padahal, ketentuan yang ada di dalam Federasi Equestrian Internasional (FEI), bahwa EFI-lah yang memiliki hak dalam menyiapkan berbagai kompetisi nasional dan para atlet. "Berdasarkan KONI, EFI adalah organisasi yang resmi dalam mempersiapkan para atlet, manajer, pelatih untuk SEA Games, dan secara organisasi olahraga," imbuhnya. "Kita harusnya bisa bersama-sama membangung olahraga equestrian menjadi satu. Kita harus saling bekerja sama, dan menertibkan kloningan-kloningan PB-PB cabang olahraga," tegasnya. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...