Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Taekwondoin UTI Sukses, Berhasil Raih 3 Emas

Minggu, 12 Mei 2013

Share this history on :
HARI terakhir Tim Taekwondo Indonesia sukses. Bermaterikan Tim Universal Taekwondo Indonesia Profesioal (UTI PRO), akhirnya mampu memecah kebuntuan dengan merebut 3 medali emas, 5 perak, dan 13 medali perunggu pada kejuaraan Taekwondo Asia Tenggara ke-11 di Nay Pyi Taw Myanmar yang berakhir Sabtu (11/5/2013). Ketiga medali emas itu masing –masing dipersembahkan di kategori yunior kelas under 73 kilogram putra melalui Tiekpho Ivander, yang meraih kemenangan angka atas Taekwondoin asal Malaysia Khir Amir Salam melalui kemenangan angka 6-3.
Kemudian di kelas under 78 kilogram putra Hianwi Fardim asal Batam sukses mengikuti jejak Tiekpho Ivander mempersembahkan medali emas kedua dengan mengalahkan taekwondoin Filipina Alejandro Joel Felipe. Hianwi tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk merebut medali emas. Pasalnya Lawan Hianwi, Alejandro tidak dapat melanjutkan pertadingan akibat cedera kaki. “Cedera yang dialami oleh oleh Taekwondoin Filipina karena sempat terjadi ‘jual beli’ tendangan di ronde pertama sehingga tidak bisa melanjutkan pertandingan,” kata Pelatih Satriyono usai laga final di kelas tersebut.
Satu medali emas lainnya dihasilkan di kelas under 44 kilogram putri melalui Dinda Meirisia yang menang tipis atas Inna Dio nio dari Filipina. Lima medali perak diantaranya dihasilkan di kelas kelas under 42 kilogram putri atas nama Humaira Apri yang kalah dari taekwondoin Filipina Irene Bermejo. Kemudian di kelas Under 80 kilogram putra Herlambang serta Catur Yuni kelas diatas 73 kilogram putri.Sementara itu Vietnam keluar sebagai pengumpul medali terbanyak disusul Filipina dan Malaysia.
Pembina YUTI dan UTI Pro Grand Master Lioe Nam Khiong turut hadir di Myanmar. Selain memberikan motivasi kepada tim juga sekaligus turut mendukung pelaksanaan Kejuaraan Taekwondo ASEAN ke -11 tersebut di Myanmar, yang sekaligus penyelenggara Sea Games-27 Desember mendatang. “Saya sangat berterima kasih bisa memberikan konstribusi perangkat pertandingan beserta, Sumber Daya Manusia-nya,” ujar Lioe Nam Khiong. Menanggapi pencapaian tim UTI Pro di ajang ini, Grand Master Lioe Nam Khiong menilai, perlunya ditingkatkan lagi sehingga mampu bersaing di event – event Internasional lainnya.“Secara umum hasil ini cukup baik. Namun belum yang terbaik dibanding dengan kekuatan beberapa Negara di kawasan Asia Tenggara ini,” imbuhnya. UTI Pro kata Grand Master Lioe Nam Khiong dalam waktu dekat ini akan menggelar Turnamen Internasional Best Of The Best UTI Pro di Yogyakarta akhir Juni nanti. Event tersebut sekaligus dijadikan ajang seleksi penentuan tim yang akan diterjunkan ke Korea Open awal Juli 2013. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...