Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Sukses di Bangkok, PB PTMSI Siapkan Pembinaan Kelas Kadet dan Junior

Rabu, 15 Mei 2013

Share this history on :
BERPATOKAN dari hasil kejuaraan di ITTF Global Junior di Bangkok, Thailand yang diselenggarakan 4-9 Mei lalu, diman Indonesia berhasil meraih 1 perak dan 3 perunggu. Membuat Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) terus berbenah mempersiapkan atlet-atlet usia muda di kategori kadet dan junior untuk menghadapi berbagai kejuaraan multievent. Langkah tersebut dilakukan manajemen PB PTMSI, setelah sebelumnya para atlet yang dikirimkan ke International Table Tennis Federation (ITTF) Global Junior berhasil meraih hasil yang sangat memuaskan.
"Ini baru pertama kalinya atlet kadet dan junior tenis meja kita diikuti dalam kejuaraan dunia, dan hasilnya sangat memuaskan. Tentunya kami sudah mempersiapkan langkah jangka panjang," ungkap Manajer Team Junior Tenis Meja, Robert Hermawan kepada wartawan di Jakarta, kemarin.
Ia mengaku, saat ini perjuangan para atlet tidak berhenti sampai disana, karena kedepan pihak PB PTMSI telah mempersiapkan berbagai agenda pertandingan kedepannya untuk mengasah kemampuan sebelum menghadapi ASEAN Youth Games, serta Youth Olimpic Games. "Perjuangan masih panjang, kita memikirkan kedepannya agar bisa diikuti kejuaraan lainnya, karena dengan potensi ini kita bisa terus mengharumkan nama bangsa, salah satu yang terdekat adalah ITTF di Hongkong nanti," tuturnya.
Sebelumnya dalam dalam ITTF Global Junior di Bangkok, Thailand yang diselenggarakan 4-9 Mei lalu, para atlet kadet dan junior Indonesia berhasil meraih 1 Perak melalui Rina dan Erwin di ganda junior putri, serta 3 Perunggu yang diraih di nomor tunggal putri oleh Rina, kadet putri oleh Novita, dan beregu kadet putri, oleh Desi Ramadanti, Titin Aidah, dan Anastasya Fabian.
Kejuaraan ini merupakan kalender tetap ITTF yang dilaksanakan diberbagai negara Asia, Eropa, dan Afrika. "Di PB PTMSI ada wacana untuk memasukkan atlet kadet dan junior masuk dalam pemusatan latihan, tapi untuk saat ini belum bisa kita lakukan, solusinya kita serahkan kembali kepada klub masing-masing untuk terus dibina lebih baik lagi, karena persaingan di kawasan Asia Tenggara semakin meningkat," ucap Robert. Saat ini terdapat 8 atlet kadet dan junior yang sedang mengikuti pemusatan latihan di China selama 3 tahun, sembari menunggu pemanggilan dari PB PTMSI untuk mengikuti kejuaraan tingkat Asia maupun dunia.Kedelapan atlet itu adalah hasil binaan Persatuan Tenis Meja (PTM) Belia. Bahkan selama ini PTM Belia yang membiayai para atlet sampai berguru di China dan ikut kejuaraan di Bangkok itu. Menurut Sekretaris PTM Belia Trisna Sitorus bahwa biaya dikeluarkan klubnya untuk mendanai 8 atlet itu, semata-mata murni buat kemajuaan tenis meja Indonesia. "Kami berharap atlet yang kami bina kedepannya menjadi andalan Indonesia di masa mendatang,"kata Trisna kepada olahragaonline.com.
"Saya senang dengan prestasi di Bangkok kemarin, tentunya ini akan menjadi motivasi bagi saya kedepannya, terlebih saat ini klub-klub memperhatikan kami dalam upaya mengembangkan kemampuan bermain kami dengan mengikuti program latihan jangka panjang di China," tutur Desi Ramadanti yang meraih medali perunggu.Menanggapi hal ini, Paulus Pasurni Pelatihan di Satlak Prima mengaku optimis kedepannya prestasi tenis meja Indonesia akan semakin gemilang jika pembinaan PB PTMSI konsisten dalam memperhatikan perkembangan para atlet kadet dan junior. "Kita harus memperhatikan kelas kadet, junior dan remaja terlebih dahulu sebelum melihat prestasi di tingkat senior, untuk itu diperlukan perhatian besar, terlebih lagi mereka berlatih di China saat ini, karena kedepannya para atlet saat ini masuk Satlak Prima di Pratama, agar diikuti dalam kejuaraan ASEAN Youth, serta Olimpic Youth. Jadi untuk menciptakan atlet butuh preses yang panjang, mengingat saat ini prestasi atlet ini cukup menggembirakan," jelasnya. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...