Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Peserta ISG, Akhirnya 44 Negara

Jumat, 06 September 2013

Share this history on :
HINGGA penutupan pendaftaran peserta ISG ditutup pada 31 Agustus lalu, dipastikan 44 negara yang bakal meramaikan ajang pesta olahraga negara anggota OKI. Awalnya hanya 42 negara namun menyusul dua Negara tambahan yakni Bangladesh dan Chad.Perhelatan olahraga Islamic Solidarity Games III di Palembang Sumatera Selatan, 22 September-1 Oktober 2013
“Hingga hari ini panitia telah menerima pendaftaran dengan disertai daftar atlet dan ofisial dari 44 negara,” kata Wakil Ketua Deputi I Panitia Pelaksana Islamic Solidarity Games (InaISGOC) Sumsel Saidina Ali di Palembang, Kamis. Saidina menjelaskan sebelumnya panitia pelaksana telah melansir hanya 42 negara, namun karena Bangladesh dan Chad mendaftarkan diri pada Rabu (4/9) maka berubah menjadi 44 negara.
Ke-44 negara itu, Algeria, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Burkino Fasao, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Malaysia, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sudan, dan Suriah, Tajikistan, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab (UEA), Uganda. Kemudian, Yaman, Guinea, Mauritania, Gambia, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Monzambik, Libanon, Tunisia, Somalia, Bahrain, Jibuti, Bangladesh dan Chad.
Sementara keikutsertaan Ghana yang telah mendaftar secara online (belum mengirimkan data atlet dan ofisial), ia menginformasikan bahwa negara tersebut ditolak menjadi peserta Islamic Solidarity Games (ISG) karena tidak terdaftar sebagai anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). “Semula panitia pelaksana masih menanti konfirmasi dari Ghana, namun setelah ditelusuri ternyata bukan anggota OKI sehingga tidak diberikan kuota,” katanya.
Sebelumnya panitia menyatakan bahwa pendaftaran peserta ditutup pada 31 Agustus 2013 untuk mematangkan persiapan Sumsel sebagai tuan rumah. Namun, rencana itu menjadi molor lantaran sejumlah negara berkeinginan kuat ambil bagian dalam ajang bertema solidaritas negara-negara Islam ini.
“Kami panitia di Palembang sebenarnya sudah menutup pendaftaran, namun keputusan bukan ada ditangan panitia daerah tapi panitia nasional,” katanya. Provinsi Sumsel (Indonesia) sebagai tuan rumah ISG menggantikan Riau bergerak cepat melakukan persiapan setelah ditetapkan dalam rapat menteri terkait, 2 Juli 2013. Panitia telah memastikan sekitar 13 cabang olahraga akan dipertandingkan dengan menggunakan Kompleks Olahraga Jakabaring. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...