Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Dreev Akhirnya Juara IOCC 2013

Sabtu, 19 Oktober 2013

Share this history on :
UNNGULAN ketiga GM Aleksey Dreev, akhirnya tampil sebagai juara Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2013 yang berakhir Kamis (17/10/2013) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Kepastian Aleksey juara setelah mengemas 8,5 poin usai di babak akhir atau babak ke-11 ditahan imbang GM Gopa GN.
Keberhasilan Dreev menambah 0,5 point maka otomatis Aleksey jadi juara. Saat yang bersamaan unggulan utama GM Moiseenko Alexander dikalahkan GM Nigel Short. Dengan demikian pecatur asal Ukraina itu hanya berada di peringkat kedua dengan koleksi 7,5 poin atau sama dengan hasil yang digapai Gm Nigel Short yang berada di peringkat ketiga.
Hasil itu membuat GM Aleksey berhak atas hadiah uang tunai sebesar 20 ribu Dolar AS, sementara GM Moiseeko yang berada di peringkat kedua menerima hadiah uang 10 ribu Dolar AS. Nigel yang berada di anak tangga ketiga memperoleh hadiah 6 ribu Dolar AS
Sementara pecatur tuan rumah Indonesia hanya GM Susanto Megaranto yang berhasil masuk 20 besar. Susanto yang juga skuat pelatnas SEA Games 2013 Myanmar, harus puas berada di posisi ke-18 klasemen akhir dengan mengoleksi 7 poin. Santo gagal memenuhi target yang dibebankan kepadanya, yakni 10 Besar.
"IOCC kali ini tingkat persaingannya jauh lebih ketat dari sebelumnya. Sehingga tak mudah untuk menembus masuk dalam 10 Besar. Sebab para peserta yang bergelar GM ada sekitar 40 pecatur. Perolehan nilai sangat ketat. Bayangkan, juara kedua dengan nilai 7,5 poin diraih sembilan pecatur. Begitu juga dengan saya yang memperoleh 7 poin, sama dengan 10 pecatur lainnya. Artinya, dari turnamen ini kita banyak belajar," ujar Susanto kepada wartawan.
Sementara Singa Tua masih menunjukkan taringnya GM Ardiansyah ada di peringkat ke-21, disusul IM Dede Lioe di anak tangga ke-34. Di bagian putri pecatur kita belum bisa berbuat banyak. WGM Irene Kharisma Sukandar hanya bertengger di posisi ke-45. WGM Medina Warda Aulia gagal meraih norma Master Internasional (IM) putra, menempati urutan 54 klasemen akhir dengan raihan 5,5 poin.Si cantik WIM Chelsie Monica Sihite dengan poin yang sama berada di peringkat ke-63. Kedua pecatur putrid ini sempat mendapat pelajaran yang sangat berarti saat bersua GM Ardiansyah. Keduanya harus mengakui keunggulan singa tua tersebut. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...