Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Hari Ini Penentuan Juara IOCC 2013

Kamis, 17 Oktober 2013

Share this history on :
SEMUANYA bisa terjadi, dan hanya dua pecatur yang berpeluang besar menjuarai Turnamen Indonesia Open Chess Championship 2013. Mereka adalah unggulan ketiga GM Aleksey Dreev dan unggulan utama GM Moiseenko. Sebab hingga babak kesepuluh yang telah dimainkan Dreev berhasi menggoleksi poin 8, sedangkan Moiseenko 7,5, hanya terpaut 0,5 point. Pada babak ke-10, Moiseenko menundukkan pecatur asal India, GM Ganguly Surya Sekar yang merupakan sekondan juara dunia GM Anand Vishuwanatan Anand.
Babak ke-11 yang dimainkan pada hari ini (Kamis, 17/10/) tepatnya pukul 11.00 WIB itu, akan menjadi penentu sang juara, Apakah sang guru (Dreev) atau si murid (Moiseenko). Hasil itu akan ditentukan dari partai Aleksey melawan pecatur asal India, GM Gopal Gangguly yang kini mengemas nilai 7. Gopal sendiri, pada babak ke-10 menekuk pecatur asal Vietnam, GM Nguyen Ngoc Truong Son. Dan partai GM Moiseenko menantang mantan penantang juara dunia, GM Nigel Short dari Inggris.
Menurut GM Utut Adiyanto bahwa pemenang IOCC kali ini akan ditentukan dari dua partai Dreev vs Gopal dan Moiseenko vs Short. “Masih sulit untuk memastikan dari kedua pecatur itu yang akan meraih gelar kali ini. Hanya kedua pecatur inilah yang berpeluang besar,” kata Utut di sela-sela pertandingan.
Menurut Utut jika Gopal mampu mengalahkan Dreev, maka kedua pecatur memiliki poin sama yakni 8. Demikian halnya andai partai Moiseenko vs Nigel berakhir remis, maka ketiga pecatur ini akan memiliki poin sama 8 poin. Namun tipis kemungkinan Moiseenko juara sebab sebelumnya ia mengalami kekalahan tanpa tanding melawan Dreev. “Saya kira yang berpeluang besar untuk menjadi juara adalah Dreev. Penampilannya yang konsisten, mental juara dan pengalaman bertanding modal kuat untuk juara,” tandas Utut.
Bagaimana dengan pecatur Indonesia, hingga kini hanya GM Susanto Megaranto yang mampu menyodok masuk kelompok 13 besar dengan mengemas nilai 6,5. Susanto kini berada di posisi 5-13 bersama delapan pecatur lainnya yakni Short, Dao Tien Hai, Abijeet Gupta, Vadim Malakhatko, Oliver Barbosa, Batchuluun Tsegmed, Vaibhav Suri, Elisabeth Paehtz.GM andalan Indonesia itu berpeluang masuk dalam jajaran 10 besar terbaik, andai dalam babak ke-11 ini, Susanto berhasil mengalahkan pecatur asal Vietnam, IM Nguyen Duc Hoa.Berikut Posisi Klasmen hingga babak kesepuluh:
1. Dreev 8 poin 2. Moiseenko 7.5. 3-5. Mareco, Ganguly, dan G N Gopal 7. 5-13 Short, Dao Tien Hai, Abijeet Gupta, Vadim Malakhatko, Oliver Barbosa, Batchuluun Tsegmed, Vaibhav Suri, Elisabeth Paehtz, dan Susanto Megaranto 6.5. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...