Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kompetetisi PBL Digelar di 4 Kota

Jumat, 25 Oktober 2013

Share this history on :
SETELAH berganti nama dari Kompetisi Bola Basket Utama (Kobatama) menjadi Premier Basketball League (PBL). Kompetisi itu masih bersifat kompetisi liga bola basket amatir. Kobatama resmi dibekukan Perbasasi pada 2010. Pada tahun 2011, tercetus rencana membuat PBL demi mengisi kekosongan setelah dibekukannya Kobatama.
Setelah kompetisi ini berjalan cukup sukses pada 2012 lalu dan menelurkan Cendrawasih, klub dari Papua, sebagai juara. Melihat animo yang kian besar, Olahraga Basket Indonesia (PT ORBI) selaku pemilik dan pelaksana melanjutkan kompetisi PBL pada 2013.
Kali ini kompetisi 2013 mengusung tema: Play Hard, Smart, With Heart. Bahkan, babak pre-season pun telah selesai dilaksanakan di Papua, 13-18 Mei 2013 lalu. Selanjutnya, putaran 1 akan digelar di GOR Soemantri Brojonegoro, Jakarta, 4-10 November 2013. Putara 2 digelar di GOR Wisanggeni, Tegal, 18-24 November 2013.
Sementara babak final akan digelar di GOR Kerobokan, Bali, 4-7 Desember 2013. Jika tahun lalu PBL diikuti empat tim, maka ada penambahan peserta menjadi enam tim di tahun 2013.
"PBL berada di bawah naungan PBSI. Jadi ini kompetisi resmi. PBL menggunakan sistem kompetisi penuh dan setiap tim bertemu dua kali yang dibagi dalam dua seri, yakni Jakarta dan Tegal," jelas Budi Wardoyo, selaku Operasional PT ORBI.
Budi menambahkan bahwa empat tim teratas akan lolos ke final four di Bali menggunakan sistem best of three. Peringkat satu bertemu peringkat empat sementara peringkat dua berhadapan dengan peringkat tiga.
Sedikit terdapat perbedaan penyelenggaraan PBL tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Yang pertama, jumlah tim bertamah menjadi enam dan yang paling penting adalah PBL akan menggunakan statistik pemain secara detail. "Semoga hal ini membuat kompetisi semakin menarik dan lebih baik serta bisa menghasilkan pemain bagus untuk Indonesia," Budi menambahkan.
Kendati berstatus sebagai kompetisi liga bola basket amatir, PT ER Imaji bersedia menjadi sponsor. Hal itu diungkapkan Rudi Vandikusuma, selalu Direktur PT ER Imaji Inovasi.
"Pada dasarnya saya cinta dan hobby main basket. Saya adalah anak basket. Dari kecil suka main basket. Saya melihat pembinaan bola basket di Indonesia membutuhkan penanganan khusus karena saat ini trennya sepak bola," tandas Rudi. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...