Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kejuaraan Ketangkasan Berkuda Pangdam Jaya

Minggu, 24 November 2013

Share this history on :
KEJUARAAN Equestrian Piala Pangdam Jaya sudah menyelesaikan beberapa nomor dalam dua hari yakni Jumat dan Sabtu (20-21/11) di Arena Pacuan Kuda Pulo Mas, Jakarta Timur. Terlihat tingkat persaingan sangat ketat, terutama untuk kelas pemula dan junior. Event yang diikuti sekitar 360 rider daru delapan daerah. Peserta mewakili klub yang berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Riau, Kalimantan Selatan, Sulut dan Maluku Utara.
Dua hari pelaksanaan yakni Jumat dan Sabtu, sudah menyelesaikan sebanyak 15 nomor. Yakni, lima dari 'dressage' atau tunggang serasi, dan 10 dari lompat rintangan (show jumping). Untuk sementara Stable Aragon Horse Riding & Equestrian Club dan Pegasus Stable mendominasi peraihan gelar juara. Aragon mengoleksi lima emas, tiga perak dan dua perunggu.
Mereka hanya unggul tipis dari Pegasus yang membukukan lima emas, dua perak dan satu perunggu. Siapa yang akhirnya akan menjadi peraih medali terbanyak atau merebut gelar juara umum, pastinya akan ditentukan dari perolehan medali hari Minggu ini.
Dari 15 nomor yang sudah dituntaskan, hanya lima yang gelar juaranya direbut bukan oleh 'rider' Aragon dan Pegasus. Yakni, di "dressage' walk-trot anak-anak (Akbar Kurniawan/Micheline Club), preliminary dewasa (Albert Pelealu/Ariyanto Arnaldo Stable), serta 'jumping' 50-70 cm dewasa (Agung Riyanto/Cahaya Bulan Equestrian), 50-70 cm anak-anak (Shafa Mus/Taliabo Stable), dan 70-90 cm yunior (Dwiputri Sita Hapsari/Anantya Riding Club).
Kejuaraan ini dibuka oleh Kasdam Jaya Brigjen TNI Agung Risdhianto, ia menyatakan kejuaraan tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT KODAM JAYA ke-64. Kejuaraan ini merupakan kalender kegiatan yang sudah diagendakan setiap tahun.
“Event ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun itu, bertujuan memajukan olahraga berkuda di Jakarta khususnya dan di Indonesia umumnya. Kami juga ingin agar lomba ketangkasan ini dikenal di masyarakat dan para atlet Indonesia dapat berprestasi setara dengan negara tetangga, bahkan berprestasi di tingkat internasional.
Sementara itu H.M.A.S. Alex Asmasoebrata, selaku pengurus daerah Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pengda Pordasi) DKI Jakarta, kejuaraan pacuan kuda Pangdam Jaya Cup kali ini berbeda dengan even sebelumnya, “Event ini akan menjadi kalender tetap. Untuk DKI ajang memantapan guna persiapan menuju PON 2016 mendatang,” kata Alex kepada wartawan. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...