Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

250 Pecatur Tampil di Kejurnas Catur Mahasiswa

Kamis, 05 Desember 2013

Share this history on :
SEBANYAK 250 pecatur dari 56 Perguruan Tinggi se-Indonesia turut ambil bagian di ajang Kejurnas Catur Mahasiswa 2013 yang berlangsung pada 4-8 Desember 2013 di Gedung Ditjen Dikti di Senayan, Jakarta. Event kali ini tanpa diikuti beberapa pecatur papan atas Indonesia dan Juara bertahan di nomor beregu putri yakni Universitas Soedirman (Unsoed). Agenda ini rutin terlaksana berkat kerjasama PB Percasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Menurut Dirjen Dikti Djoko Santoso saat membuka Kejurnas Catur Mahasiswa VI yang digelar dari 4-8 Desember 2013 di Gedung Ditjen Dikti, Senayan, Jakarta, Rabu (4/12/2013). Pihaknya berharap ke depannya akan lahir Grand Master (GM) dari pentas Kejuaraan Nasional Catur Mahasiswa ini.
“Harapan kami dengan rutin digelarnya agenda ini, akan lahir pecatur andal yang mengisi posisi papan atas nasional. Bahkan diantara mereka kedepannya mampu meraih puncak tertinggi gelar di olahraga asah otak ini, dengan gelar Grand Master (GM),” kata Djoko Santoso saat pembukaan Kejurnas Catur Mahasiswa VI di Jakarta, Rabu (4/12/2013).
Djoko berharap agenda ini terus berlanjut. Djoko lebih lanjut menyatakan pihaknya merasa senang bisa bekerja sama dengan PB Percasi dalam pembinaan olahraga catur di kalangan mahasiswa. Hal itu menunjukkan Ditjen Dikti sebagai pengayom seluruh perguruan tinggi se-Indonesia telah ikut andil dalam mengembangkan olahraga catur yang selama ini hanya dikenal para pemain catur pada umumnya.
Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto menyatakan Kejurnas catur mahasiswa ini adalah sebagai jenjang bagi mahasiswa untuk bisa ikut bertanding pada kejuaraan catur mahasiswa tingkat dunia yaitu Universiade. "Ini adalah salah satu proses dan seleksi bagi pecatur mahasiswa untuk dapat tampil di tingkat internasional," tandas Utut.
Kejurnas yang keenam ini memperebutkan total hadiah Rp 150 juta dan mempertandingan empat nomor, perorangan putra-putri dan beregu putra-putri. Beberapa pecatur Nasional absen seperti GM Susanto, WGM Irene Kharisma, MI Tirta Chandra Purnama, dan Pitra Andika. Sebab selain usia mereka sudah melebihi batas dan terdapat pecatur yang sudah lulus kuliah. Sedangkan bagi Irene ia kini fokus mempersiapkan diri menghadapi ajang SEA Games Myanmar 2013. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...