Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Jateng Serius Menggusung Tuan Rumah PON 2020

Minggu, 01 Desember 2013

Share this history on :
TAK ingin gagal yang kali ketiga, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tak main-main dan serius dalam usahanya menjadi tuan rumah PON XX 2020. Sebagai bentuk nyata, KONI Jateng telah mendaftarkan diri ke KONI Pusat.
Jateng bakal bersaing dengan Provinsi Papua, Aceh, Sumatera Utara, Provinsi Bali, dan Sulawesi Selatan. Kelima provinsi tersebut juga cukup serius mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah PON 2020.
Menurut Wakil Ketua I KONI Jateng Sukahar, menyatakan, Jateng yakin 100 persen mampu menjadi tuan rumah PON 2020. KONI Jateng mengharapkan PON bisa kembali ke khittahnya, seperti tahun 1948 lalu saat multi event pertama tersebut diselenggarakan di Solo.
"Jangan kan 2020, hari ini pun kami siap menggelar PON. Semua venues yang ada sudah siap menggelar berbagai pertandingan. Pusatnya ada di Solo dan Semarang. Kami tinggal membangun satu stadion utama saja," ujar Sukahar usai mendaftar ke tim penjaringan tuan rumah PON 2020 di Kantor KONI Pusat, Jumat (29/11/2013).
Masih menurut Sukahar bahwa semua persyaratan yang berjumlah 16 item sudah dipenuhi, termasuk uang jaminan Rp 1 miliar. Uang tersebut diserahkan ke KONI Pusat dan dipakai sebagai jaminan keseriusan provinsi mengikuti bidding tuan rumah PON 2020. Uang tersebut bakal dikembalikan setelah keputusan tuan rumah PON 2020 keluar. Syarat lainnya seperti dukungan dari gubernur, ketua DPRD, dan Kapolda," ucapnya.
Sukahar mengungkapkan, optimisme tinggi diusung Jateng. Menurutnya semua fasilitas mulai dari venue sampai sumber daya manusia (SDM) di Jawa Tengah sudah sangat layak. Jateng juga berpengalaman menggelar event-event tingkat internasional dan terakhir adalah ASEAN Paragames tahun 2011 lalu.
Jateng memang memiliki fasilitas yang memadai, Jateng juga merupakan lokasi yang secara geografis sangat strategis, yang pastinya akan menguntungkan semua peserta PON. Mengenai persoalan anggaran yang dibutuhkan pada pelaksanaan PON Sukahar Optimis, mampu memenuhinya. Jateng bakal menyesuaikan dengan kebutuhan."Kami bertekad menjadi tuan rumah, tentunya anggaran akan menyesuaikan," ungkapnya. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...