Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Sulsel Provinsi Terakhir Daftar Tuan Rumah PON 2020

Minggu, 01 Desember 2013

Share this history on :
SULAWESI Selatan (Sulsel) adalah provinsi terakhir yang mendaftar menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON 2020. Sehingga sudah enam daerah yang masuk nama ke Panitia Tim Penjaringan PON yakni Provinsi Papua, Aceh, Sumut, Jateng, Bali, dan Sulsel.
Sulsel memang sangat serius menjadi tuan rumah PON 2020. Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Ketua I KONI Sulsel Andi Marzuki Wadeng yang didampingi Sekum KONI Sulses Ad'dien usai menyerahlan seluruh berkas dan kelengkapan adminitrasi ke panitia penjaringan tuan rumah PON 2020 di Kantor KONI Pusat, Sabtu (30/11/2013) di Senayan, Jakarta.
"Kita memiliki banyak kelebihan dibanding provinsi lain, terutama letak geografis yang berada di tengah-tengah wilayah Indonesia dan mudah dijangkau dari berbagai arah di samping akomadasi dan transportasi yang telah tersedia," jelas Marzuki Wadeng.
Andi Marzuki berharap, pihaknya diberi kesempatan menjadi penyelenggara kegiatan olahraga paling akbar di Tanah Air tersebut. Menurutnya, sudah saatnya Sulsel diberi kesempatan menjadi tuan rumah PON pada 2020, setelah PON XIX di Jawa Barat.
Sulsel baru sekali menyelenggarakan kegiatan olahraga paling bergengsi tersebut pada 1957 di Makassar atau 55 tahun yang lalu. Setelah tiga kali penyelenggaraan PON di luar Pulau Jawa yakni di Palembang, Sumatera Selatan 2004, Kaltim 2008 dan Riau 2012. Pelaksanaan PON kembali ke Jawa pada 2016, karena itu setelah Jabar, Sulsel yang paling berpeluang menjadi tuan rumah PON pada 2020. Ini peluang emas yang harus direbut Sulsel
Marzuki selain beberapa kelebihan yang dimiliki daerahnya, sarana dan fasilitas olahraga di Sulsel juga sebagian telah ada di Makassar dan daerah sekitarnya.
Pemerintah setempat tengah membangun stadion cukup megah di kawasan wisata pantai Barombong yang hampir rampung untuk melangkapi fasilitas yang telah ada saat ini di kompleks olahraga Mattoangin dan Sudiang Makassar.
Karena itu, katanya, Sulsel harus diberi kesempatan menjadi tuan rumah PON 2020. "Kami berjanji akan menjadi ruan rumah yang baik. Kami juga tidak kalah dengan provinsi Sumatera yang dua kali berturut menyelenggarakan PON dan Pulau Jawa tentunya," jelasnya. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...