Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Medina Mendapat Pelajaran Berharga di Dwi Tarung

Selasa, 03 Desember 2013

Share this history on :
PECATUR terbaik kedua Indonesia WGM Medina Warda Aulia yang baru menyandang gelar Women Grand Master harus mengakui keunggulan lawannya Antoaneta Stefanova (Bulgaria)1-5 di nomor blitz dan rapid chess dalam dwitarung yang digelar Ballroom Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Bekasi Senin (2/12/2013).
Median memang kalah kelas dari Stefanova. Namun tak serta merta ia menyerah. Tiga babak awal yakni dua babak catur kilatb dan satu babak catur cepat ia kalah 0-3. Namun perlahan tapi pasti di babak keempat dalam catur cepat Medina sanggup mengalahkan lawannya, sehingga memperkecil kekalahan 1-3.
Dalam babak keempat itu Medina mulai mengungguli Stefanova di tengah permainan, saat ia unggul dua pion, dan bahkan satu pion terakhir Medina tidak bisa dicegah untuk promosi. Maka, sang juara dunia catur cepat, yang juga juara dunia catur putri 2004-2006 itu pun menyerah di pertarungan keempat. Namun dua babak tersisah dalam catur kilat yakni kelima dan keenam kembali menjadi milik Antoneta. Sehingga skor akhir 5-1 bagi Antoneta.
Menurut Eka Putra Wirya selaku penggagas Dwi Tarung ini menyatakan pecatur kita sejujurnya kalah kelas. Baik dari segi elo rating maupun jam terbang. Namun sisi lain yang harus dilihat adalah untuk menambah pengalaman bagi kedua pecatur terbaik Indonesia ini, juga pengalaman bertanding melawan juara dunia. Agenda ini adalah salah satu persiapan mereka tampil di pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2013 Myanmar mulai 11 Desember mendatang.
"Kalah dalam segala hal namun Medina bisa memetik pelajaran. Medina salah satu pecatur putri terbaik kita tetap menunjukkan perlawanan. Semoga dwi tarung ini bermanfaat bagi dirinya. Saya lihat mental bertanding Median juga cukup bagus," kata Eka Putra Wirya kepada wartawan di sela-sela pertandingan.
Dalam waktu yang bersamaan SCUA meluncurkan situs kegiatan tentang catur, dengan nama chessku@.com. Menurut Eka yang juga selaku pemilik SCUA bahwa dalam situs tersebut memuat berbagai informasi tentang catur. Baik itu news maupun analisis partai-partai yang berkelas dan bermutu. Dwi Tarung kembali digelar, Hari ini, Rabu (4/12/2013) GM Stefanova akan bertarung melawan salah seorang pecatur putri terbaik Indonesia, WGM Irene Kharisma Sukandar. Sebanyak 6 partai yang mereka lakoni yang terdiri dari 4 partai kilat (blitz) dan 2 partai cepat (rapid). Pemenang dwitarung akan menerima hadiah 2.000 dolar AS, dan yang kalah 1.000 dolar. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...