Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Indonesia Resmi Tuan Rumah Asian Games 2018

Selasa, 23 September 2014

Share this history on :
INDONESIA akhirnya resmi menjadi penyelenggara Asian Games XVIII/2018. Setelah Indonesia menandatangani MoU menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Hal itu ditegaskan Menpora Roy Suryo usai mendarat dari Inhceon, Korsel, Minggu (21/9/2014) di VIP Room Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno - Hatta Tangerang, Banten kepada wartawan.
Menurut Menpora yang didampangi Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah mengatakan, keputusan itu adalah hasil dari Sidang Pleno OCA atau Olympic Council of Asia yang dipimpin Presiden OCA Sheikh Ahmad Al Fahad Al-Sabah di Incheon.
"Indonesia dalam hal ini mendapat 42 dukungan dari 45 negara Asia. Poin penting yang harus diketahui adalah konsekuensi dari dimajukannya setahun penyelenggaraan Asian Games menjadi 2018, yakni tidak diperkenankannya pembangunan venue-venue baru karena proses penilaian venue-venue akan dilaksanakan pada 2016,” ujarnya.
Penyelenggaraan Asian Games 2014 di Incheon menurut Menpora Roy Suryo tidak bisa dijadikan panutan atau ukuran karena banyaknya kekurangan di sana sini. “Banyak pembangunan venue darurat di padang kosong dengan menggunakan tenda-tenda besar dan kontainer-kontainer. Oleh karena itu, OCA mewanti-wanti agar Indonesia tidak membangun venue baru tetapi disarankan hanya untuk renovasi venue-venue yang ada baik di Jakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Stadion Utama Gelora Bung Karno nantinya akan menjadi tempat pembukaan, serta penutupan dilaksanakan di Jakabaring Sport Center di Palembang, Sumatera Selatan,” ungkapnya.
Menpora Roy Suryo telah jauh-jauh hari mempersiapkan bahwa secara resmi Kemenpora akan meminta kepada KPK untuk mengawal persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang. Deputi Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah menilai adanya kemungkinan risiko yang timbul dari pelaksanaan Asian Games 2018. “Kita harus siap apapun itu, satu yang mengganjal apakah kita bisa menyiapkan 4.000 kamar sebagai perkampungan atlet, karena 2016 OCA akan memastikan venue-venue yang akan digunakan, saat ini kita harus kejar itu,” jelas Faisal. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...