Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Komnas API Terbentuk Untuk Memperjuangkan Nasib Atlet & Pelatih

Selasa, 09 September 2014

Share this history on :
TEPAT pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) Sejumlah atlet, pelatih, mantan atlet, dan pelatih membentuk Komite Nasional Atlet dan Pelatih Indonesia (Komnas API) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup insan olahraga.
"Persoalan olahraga tiap tahun semakin banyak. Begitu pula atlet dan pelatihnya, banyak yang belum sejahtera, padahal mereka sudah membuat nama Indonesia mendunia," kata Inisiator Komnas API Suryadi Gunawan dalam acara Deklarasi dan Rembug Nasional Komnas API di Gedung Joeang 45, Jakarta, Selasa (9/9/2014).
Suryadi yang mantan atlet gulat itu menuturkan ada banyak kisah mengharukan atlet dan pelatih yang tadinya bisa mengharumkan nama bangsa tetapi kini hidupnya berakhir mengenaskan. Padahal, atlet dan pelatih punya hak mendasar yang sama sebagai rakyat Indonesia untuk mendapatkan kehidupan layak, pendidikan serta kesehatan.
Menurut pria yang kini tengah menyelesaikan Program Studi S2 di UNJ itu mengatakan Undang-Undang Sistem Keolahragaan nasional Nomor 3 Tahun 2005 juga menyatakan adanya tunjangan kesejahteraan bagi para atlet dan pelatih, meski hingga kini belum dirasakan oleh insan olahraga. "Oleh karena itulah organisasi ini diharapkan bisa menjadi wadah yang berisi relawan yang akan berjuang demi bangsa, khususnya olahraga," katanya.
Dalam kesempatan yang sama disampaikan oleh Dewan Pembina Komnas API Rieke Diah Pitaloka. Menurut politisi itu, atlet, pelatih, mantan atlet dan mantan pelatih juga harus mendapatkan prioritas dalam segi kesejahteraan. “Olahraga merupakan jalan di mana masyarakat bisa langsung menunjukkan rasa nasionalisme, bukan hanya sekedar lewat lagu kebangsaan atau pengibaran bendera. Atlet dan pelatih juga adalah rakyat yang harus dilindungi, disejahterakan dan dicerdaskan. Mereka, baik yang masih berjuang atau sudah pensiun, tidak boleh dianaktirikan," kata Diah.
Rieke berharap, organisasi yang dibentuk oleh insan olahraga itu sendiri bisa benar-benar bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan atlet dan pelatih. Ke depannya, organisasi itu akan mengumpulkan data para atlet, pelatih, mantan atlet serta mantan pelatih agar bisa mendapatkan jaminan kesehatan dan tunjangan masa depan.
Rencanya Komnas API juga akan membentuk koperasi serta bekerja sama dengan Komisi X DPR RI dan pihak swasta. "Usai setelah kami melegalkan organisasi ini, akan ada rakernas untuk menyusun program-program seperti bantuan purna bakti bagi pelatih dan atlet seperti usaha atau lainnya. Selain itu, atlet yang sudah akan pensiun akan tetap dibina oleh perusahaan swasta sebagai ikon olahraga sehingga tidak lantas menganggur," kata Anggota Komnas API Sutadi.(Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...