Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

PSSI Gelar Kembali Soeratin Cup

Selasa, 09 September 2014

Share this history on :
SETELAH sempat terhenti pada tahun 2012, PSSI kembali menggelar Soeratin Cup. Demikian dijelaskan Ketua Bidang Kompetisi PSSI, Tommy Welly. Sebab, katanya Soeratin Cup sebagai sebuah kebutuhan yang dapat membuat gerak maju sepak bola Indonesia.

Ajang Kompetisi berlapis dari level amatir hingga profesional yang dikemas bersama PT Liga Indonesia sebagai sumber asupan tim nasional berjenjang di bawah supervisi Badan Tim Nasional (BTN), diyakini belum cukup. Sehingga nantinya, Soeratin Cup digulirkan pada Agustus-Desember 2014.

"Kompetisi Soeratin Cup harus tetap berlangsung supaya tumbuh menjadi kompetisi usia muda yang mumpuni dan terpercaya," kata Towel, sapaan akrab Tomi Welly itu. Soeratin Cup bukan kompetisi baru di pentas sepakbola Indonesia. Digelar pertama pada 1965 atau 35 tahun setelah PSSI berdiri, Soeratin Cup berjalan konsisten sebelum terhenti sejak pergelaran 2012 yang dijuarai PSDS Deli Serdang.

Pada awalnya ditujukan bagi usia di bawah 18 tahun, ke depan di bawah 17. Skema kompetisi pun bertahap. Dimulai di tingkat provinsi, regional hingga nasional. Jumlah klub kontestan di tingkat provinsi tidak sama. Sebab bergantung kesiapan dan jumlah anggota setiap Asprov PSSI. Dengan begitu, kuota klub yang lolos ke tingkat regional juga tidak sama.

Regulasinya adalah tingkat regional dibagi 2 tahap yang libatkan 64 klub. Lewat sistem knock out home and away, 32 klub melaju ke tahap II. Di tahap II tersaring 16 klub. Mereka bersaing di tingkat nasional. Dibagi 4 grup, mereka mainkan sistem home tournament. Juara dan runner up grup ke 8 besar yang berlakukan sistem knock out. Klub pemenang tampil di semifinal yang kemudian hasilkan 2 finalis untuk berebut mahkota juara Soeratin Cup. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...